Data Qurban / Sebar Qurban Nusantara /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 02/08/2020 11:01 WIB

Radio Dakta Sebar Qurban Nusantara

Dakta Qurban Nusantara di Kp. Babakan Falah 04/01 Desa Karyamekar, Pasirwangi, Kab Garut
Dakta Qurban Nusantara di Kp. Babakan Falah 04/01 Desa Karyamekar, Pasirwangi, Kab Garut
DAKTA.COM - Berqurban menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H. Berqurban menjadi momentum bagi umat muslim untuk menumbuhkan kembali dan memelihara semangat kemanusiaan dan sifat berbagi dengan sesama. 
 
Apalagi di tengah pandemi virus corona, berqurban menjadi lebih bermakna. Sangat banyak saudara-saudara di berbagai penjuru nusantara terdampak oleh pandemi Covid-19. 
 
"Oleh karena itu, Radio Dakta bekerjasama dengan Agro Surya dan para pendengar menggelar “Sebar Qurban Nusantara” sebagai bentuk semangat dan komitmen kami sebagai bagian dari umat Islam untuk tetap menjaga nilai kemanusian dan sifat berbagi, serta sebagai bentuk nyata kami membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 di berbagai daerah," kata General Manager Radio Dakta, Suyanti, Ahad (2/8). 
 
Dalam pelaksanaan program “Sebar Qurban Nusantara” yang Radio Dakta, Agro Surya, dan pendengar lakukan di berbagai daerah tersebut tentu saja tetap memperhatikan aspek protokol kesehatan. 
 
"Protokol kesehatan yang kami terapkan dan perhatikan tidak hanya pada saat penyembelihan atau pendistribusian daging qurban, tapi juga pada saat pemilihan hewan qurban yang layak dari sisi kesehatan maupun syariat agama Islam," tuturnya.
 
 
Ia berharap, program “Sebar Qurban Nusantara” ini, paling tidak dapat menjadi salah satu solusi problem distribusi hewan qurban yang selama ini dinilai berbagai kalangan tidak merata. 
 
Menurutnya, selama ini, jumlah hewan qurban melimpah dan berlebih di masjid perkotaan dengan jumlah orang yang berqurban cukup banyak. Sementara, masyarakat yang berada di wilayah perkampungan dan mayoritas masyarakat ekonomi kelas bawah, jumlah hewan qurban sangat terbatas. Sementara, jumlah warga atau keluarga yang berhak menerima melebihi jumlah daging qurban yang harus dibagi.
 
"Kami juga melihat, bahwa Covid-19 ini menjadi momentum untuk memulai pembagian daging qurban yang lebih menghargai masyarakat. Selama ini cukup sering kita lihat dari tahun ke tahun pembagian daging qurban kurang memperhatikan sisi penghargaan terhadap para penerima," ucap Suyanti
 
 
Seringkali, lanjutnya, para penerima daging qurban diperlakukan seperti peminta-minta yang harus antre berjam-jam di bawah terik matahari. Ia mengatakan, paling tidak dengan sistem distribusi sebagian besar daging qurban yang diselengarakan melalui program “Sebar Qurban Nusantara” ini dapat membuat penerima merasa terhormat dan terhindar dari kemungkinan tertular atau menularkan virus corona.
 
Program “Sebar Qurban Nusantara” Radio Dakta, Agro Surya, dan para pendengar telah dilaksanakan di berbagai daerah, di antaranya di Kampung Bagedor, Muaragembong, Kabupaten Bekasi dan Kampung Taretep 03/06 Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.
 
Untuk daftar daerah pendistribusian daging qurban di wilayah Garut, yakni Kampung Babakan Falah 04/01 Desa Karyamekar, Pasirwangi; Kampung Sukaraja RT 01/05 Desa Babakan Loa, Kecamatan Pangatikan; Kampung Cihanja RT 01/07 Desa Caringin, Kecamatan Karang Tengah; Kampung Cipanas RT 06/01 Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng; Kampung Sindang Mekar RT 03/03 Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng; Kampung Ngamplang Sari, Cilawu; Kampung Puja RT 01/09 Desa Bojong; Kampung Babakan Jati, Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler; Kampung Pasir, Desa Cinta Karya, Kecamatan Samarang.
 
"Kami berharap tahun-tahun berikutnya program 'Sebar Qurban Nusantara' dapat lebih kami tingkatkan, baik dari sisi jumlah hewan qurban, sebaran daerah, dan jumlah penerimanya," kata Suyanti. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 826 Kali
Berita Terkait

0 Comments