Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 29/07/2020 10:39 WIB

Saran Agar Daging Qurban Bisa Empuk

Ilustrasi daging mentah - photo by mali maeder from Pexels
Ilustrasi daging mentah - photo by mali maeder from Pexels
JAKARTA, DAKTA.COM - Menurut President of Association of Culinary Professionals Chef Stefu Santoso, daging qurban, baik sapi maupun kambing yang baru dipotong berada dalam kondisi sangat segar dan sebaiknya tidak langsung diolah menjadi sajian.
 
"Sebenarnya daging qurban itu dagingnya terlalu fresh karena baru dipotong, jadi memang tidak bisa langsung dikonsumsi, perlu waktu untuk proses aging atau pelayuan," kata dia melalui pesan elektroniknya belum lama ini.
 
Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group itu menyarankan membungkus daging dengan daun pepaya untuk pengempukan tetapi tidak boleh terlalu lama karena bisa membuat daging menjadi pahit.
 
"Biasanya bisa sekitar 30 menit hingga satu jam, dan ini tergantung usia daging juga. Kalau sudah tua akan keras," ujar Stefu.
 
Setelahnya, bisa memotong daging sesuai selera dan kebutuhan. Teknik memotong daging yang baik, yakni melawan arah serat atau melintang, agar nantinya daging lebih mudah dikunyah
 
Selain membungkus dengan daun pepaya, menyimpan daging dalam lemari es di bawah suhu 3-5 derajat Celcius selama 18 hari juga bisa membantu daging menjadi lembut dalam kapasitas yang maksimal. Sebelumnya, jangan lupa cuci dulu daging.
 
"Kalau mau dicuci dan tidak, sebenarnya enggak masalah. Tapi kalau kita tahu itu sudah dipotong dan ditaruh di lantai sebaiknya dicuci. kemudian disimpan dalam plastik kemudian divakum. Tujuannya untuk menghindari kontaminasi bakteri," kata Stefu. **
Editor :
Sumber : Antara
- Dilihat 1313 Kali
Berita Terkait

0 Comments