Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

BPBD Kabupaten Bekasi Petakan 8 Potensi Bencana

Ilustrasi kekeringan
Ilustrasi kekeringan
CIKARANG, DAKTA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi memetakan 8 potensi resiko bencana yang ada di wilayahnya.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said mengatakan ada 8 potensi bencana di wilayahnya, diantaranya banjir yang sering terjadi, kekeringan, tanah longsor, cuaca ekstrim, gelombang tinggi, abrasi, gempa bumi, bencana non alam, dan kebakaran lahan.
 
Oleh karena itu, pihaknya mendorong supaya desa di Kabupaten Bekasi membentuk desa tanggung bencana.
 
"Pembentukan desa tangguh bencana merupakan upaya strategis pemerintah daerah untuk meminimalisasi dampak bencana yang terjadi di wilayah atau desa yang masuk kategori rawan bencana," jelasnya di Cikarang, Selasa (28/7).
 
Ia menjelaskan, konsep pembentukan desa tangguh bencana ini menitikberatkan pada bagaimana cara menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.
 
Said menambahkan, untuk desa tangguh bencana di tahun ini direncanakan berdiri di 4 desa.
 
Keempat desa tangguh bencana tahun ini masing-masing Desa Bojongmangu Kecamatan Bojongmangu dan Desa Sukadami Kecamatan Cikarang Selatan. Kemudian Desa Tanjungsari Kecamatan Cikarang Utara, serta Desa Pahlawan Setia Kecamatan Tarumajaya. 
 
"Empat desa ini memang masuk wilayah rawan bencana," katanya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2008 Kali
Berita Terkait

0 Comments