Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 28/08/2015 15:56 WIB
Rilis

Melemahnya Rupiah dan Dampaknya Bagi Pekerja

Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno (Foto: Adin, Dakta.com)
Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno (Foto: Adin, Dakta.com)
CIKARANG_DAKTACOM: Menyikapi melemahnya Rupiah dan dampaknya bagi pekerja, saya mendesak kepada Pemkab Bekasi dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja untuk melakukan pendataan terkait benar atau tidaknya ada dampak PHK terhadap pekerja ataupun pengurangan karyawan di pabrik-pabrik. Pemkab juga harus mengantisipasi atas dampak melemahnya Rupiah terhadap daya beli dan indikasi akan rendahnya kenaikan UMK (upah minimum Kab/Kota) mendatang.
 
Kemudian jika memang benar terjadi PHK atau pengurangan karyawan, maka dampak PHK tersebut harus disikapi dengan memunculkan lapangan-lapangan kerja baru atau fasilitasi kewirausahaan berbasis kompetensi yang mandiri. 
 
Hal ini dapat dilakukan oleh Disnaker melalui Pelatihan-Pelatihan Wira Usaha kecil bagi korban PHK (misalnya pelatihan tata boga, pelatihan komputer, pelatihan pangkas rambut, pelatihan Service komputer dan AC, pelatihan mekanik motor, atau pelatihan-pelatihan lainnya), kemudian dibentuknya Lembaga-Lembaga Keterampilan Kerja (LKK) seperti Latihan Keterampilan Kerja Menjahit, LKK percetakan dan sablon, atau LKK lainnya yang bertujuan untuk membentuk keahlian terampil bagi para korban PHK yang arahnya adalah menciptakan usaha-usaha kecil dan menengah sebagai upaya menciptakan kesempatan kerja dan kesempatan usaha baru. 
 
Juga perlunya ada dianggarkan di dalam APBD untuk dana taktis semacam dana sosial, sebagai antisipasi akan dampak sosial PHK bagi pekerja.
 
Hal ini nanti tentunya ada korelasinya sebagai upaya bersama di setiap Kabupaten/Kota untuk mendukung dan membantu upaya menguatkan perekonomian nasional kita. Disampinh perlunya dikembangkan adanya budaya sadar dan cinta produk dalam negeri, cinta dan beli produk-produk indonesia.
 
Nyumarno
Komisi IV DPRD Kab.Bekasi
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Syifa Faradila
- Dilihat 2234 Kali
Berita Terkait

0 Comments