Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 10/07/2020 12:17 WIB

Lelahnya Pencinta Dunia

Ilustrasi kaya raya (istimewa)
Ilustrasi kaya raya (istimewa)
DAKTA.COM - Cinta dunia adalah salah satu penyakit akhir zaman yang dikhawatirkan oleh Rasulallah SAW akan menimpa umatnya. Penyakit ini akan meyebabkan umat Islam menjadi lemah.
 
Tanda orang cinta dua adalah selalu mencari-cari kenikamatan dunia. Sebagai ganjarannya, Allah SWT akan menyibukkannya dengan permasalahan seputar dunia hingga ia lupa dan lalai. 
 
Imam Ibnul Qayyim berkata: ini pun diantara bentuk adzab, yakni sibuknya hati dengan memikul beban dunia dan ahli dunia yang memeranginya dengan sangat keras, sebagaimana dikatakan oleh sebagian ulama salaf: 'Barang siapa mencintai dunia, maka persiapkanlah dirinya untuk memikul beragam musibah, dan pencinta dunia tidak akan lepas dari tiga perkara :
 
-️ Kesedihan yang melekat pada dirinya.
-️ Keletihan yang selalu menyertainya.
-️ Kerugian yang tidak pernah meninggalkannya.
 
Salah satu ciri orang yang cinta dunia akan menyimpan dunia di hatinya dan selalu mencari nikmat dunia yang hanya sementara. 
 
Dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda: Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Wahai anak adam, fokuslah dalam beribadah kepadaKu, niscaya akan kupenuhi dadamu dengan kekayaan, dan akan kututup darimu kefakiran, jika kau tidak melakukannya, maka akan kujadikan kau sibuk, sementara aku tidak menutup kefakiranmu". (As-Silsilah ash-Shahihah: 1359)
 
Padahal, sudah diingatkan bahwa orang yang selalu mencari dunia hanya akan mendapatkannya, tetapi orang yang mencari akhirat maka dunia akan mengikutinya.
 
Sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam: "Seandainya manusia memiliki harta sebanyak dua lembah, niscaya akan mencari yang ketiganya." Wallahu a'lam bissowab.
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1536 Kali
Berita Terkait

0 Comments