Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 09/07/2020 16:00 WIB

Apresiasi Gerakan Kemanusian, Institut Fundraising Indonesia Gelar IFA 2020

Acara Penghargaan Indonesia Fundrising Award 2020
Acara Penghargaan Indonesia Fundrising Award 2020

JAKARTA, DAKTA.COM - Institut Fundraising Indonesia (IFI) menggelar acara Indonesia Fundraising Awards 2020.

 

Acara penghargaan yang berlangsung secara daring lewat Zoom, Kamis (9/7) memberikan penghargaan di 16 kategori terhadap lembaga zakat, lembaga kemanusiaan maupun tokoh yang peduli terhadap perkembangan zakat maupun kemanusiaan.

 

Juri dalam penghargaan ini diantaranya Ahmad Juwaini Direktur Keuangan Inklusi, Dana Sosial Keagamaan, dan Keuangan Mikro Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)Arlina F. Salimin selaku Direktur IFI dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Agus Budiyanto.

 

Ahmad Juwaini mengatakan sebenarnya proses persiapan penghargaan ini sudah berlangsung setahun kebelakang, kemudian ada pandemi covid-19, panitia tetap menggelar penghargaan ini sebagai pelecut semangat terhadap lembaga zakat dan kemanusiaan untuk terus bergerak membantu masyarakat khususnya di tengah pandemi. 

 

Dalam penilaiannya, tim dewan juri melakukan verifikasi administrasi, tabulasi data dan melakukan metode dalam mengukur setiap kegiatan yang dilakukan lembaga zakat dan kemanusian.
 

"Dengan adanya penghargaan ini dapat memberikan inspirasi dan keberkahan serta memacu semangat dari lembaga zakat dan kemanusiaan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat", tuturnya.

 

Menurutnya kondisi masyarakat Indonesia yang kental dengan budaya gotong royong membuat perkembangan fundraising tumbuh cepat. Maka tidak heran jika semakin banyak lembaga sosial yang muncul, mereka bisa tumbuh bersama-sama sebab potensi kedermawanan orang Indonesia amat besar. Untuk itu, IFI mengapresiasi lembaga-lembaga yang telah berkiprah dalam sosial kemanusiaan di Indonesia dengan menggelar Indonesia Fundraising Award 2020. 

 

Hal senada juga disampaikan Arlina F. Salimin. Ia berharap lembaga sosial dibidang zakat dan kemanusiaan mampu meningkatkan fundrisingnya, dan berkreasi sehingga pemberdayaan masyarakat melalui melalui program yang dijalankan dapat maksimal.

 

"IFI ada atas keresahan terhadap minimnya kaderisasi sumber daya manusia di bidang fundraising. IFI juga lahir karena masih banyak lembaga sosial yang tidak berkembang karena strategi fundraising yang kurang tepat", katanya. 

 

Agus Budiyanto menyebut saat ini jumlah lembaga zakat dan kemanusiaan yang tergabung kedalam forum zakat ada 148 lembaga dari Aceh sampai Papua, bahkan berdasarkan penelitian ada lebih dari 400 lembaga islam di bidang zakat dan kemanusiaan yang sudah berdiri.

 

"Di masa pandemi covid-19, lembaga zakat dan kemanusiaan tercatat mengumpulkan dana sebesar Rp350 miliar yang digunakan untuk pemulasaraan jenazah, penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan, penyediaan kebutuhan penyuci tangan, dan pemberian sembako bagi masyarakat terdampak", ujarnya.

 

Untuk kategori dalam penghargaan Indonesian Fundraising Awards 2020 diantaranya, Fundraising Infak Terbaik, Fundraising Kemanusiaan Terbaik, Fundraising CSR Terbaik, Fundraising Digital Terbaik, Platform Fundraising Digital Terbaik, Fundraising Program Kesehatan Terbaik, Fundraising Program Pendidikan Terbaik, Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik, Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik, Fundraising Wakaf Produktif Terbaik, Fundraising Komunitas Terbaik, Fundraising Penggalangan Dana Langsung, Fundraising Kurban Terbaik, Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi, Life Achievement Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia.

Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 943 Kali
Berita Terkait

0 Comments