Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 09/07/2020 14:12 WIB

Isu Reshuffle Kabinet, Netty: Adakah Dampaknya Untuk Rakyat?

Netty Prasetiyani, anggota Komisi IX DPR RI
Netty Prasetiyani, anggota Komisi IX DPR RI

JAKARTA, DAKTA.COM - Lewat sepekan setelah rekaman video Presiden  gusar pada para menterinya diunggah,  belum ada tanda-tanda reshuffle kabinet. Isu pergantian menteri terus bergulir menjadi isu liar hingga sempat beredar sejumlah nama  yang terdepak dari kursi kabinet Indonesia Maju.

 

Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher menanggapi kemungkinan pergantian Menteri Kesehatan yang merupakan mitra kerjanya.

 

"Persoalan intinya bukan pada pergantian menteri, tapi apa dampaknya untuk rakyat. Reshuffle  atau tidak, semua kebijakan harus untuk kepentingan rakyat. Jadi bukan sekadar marah-marah, tapi sejauh mana  hal itu mendorong para menteri bekerja optimal  menghasilkan kebijakan pro rakyat," kata Netty dalam keterangannya, Rabu (08/07).

 

 

Netty mengatakan, dari video  Presiden gusar diunggah sekitar seminggu setelah kejadian,  seharusnya publik sudah melihat ada progress penanganan Covid-19.  Nyatanya tidak ada progress signifikan.

 

"Kasus positif makin tinggi, penyerapan anggaran belum sesuai dengan kebutuhan lapangan dan penanganan dampak ikutan juga masih sengkarut. Apakah kemarahan presiden hanya dianggap angin lalu oleh para menterinya atau karena mereka tidak tahu harus melakukan apa?," tanya Netty.

 

Netty khawatir isu pergantian kabinet hanya menambah daftar panjang lemahnya pengelolaan komunikasi publik pemerintah.

 

"Masyarakat makin bingung dengan komunikasi yang riuh rendah, sementara angka kasus makin meningkat, jumlah pekerja di-PHK dan dirumahkan makin banyak, dan masyarakat mulai giat ke luar rumah dengan anjuran new normal. Jika itu yang terjadi, maka anggapan publik bahwa pemerintah selama ini hanya sekadar berwacana tidak seratus persen salah" tandas Netty.

 

Reporter :
Editor :
- Dilihat 1615 Kali
Berita Terkait

0 Comments