Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 09/07/2020 15:19 WIB

Belajar Biologi Secara Virtual di Era New Normal

Ilustrasi belajaran online (Getty Images)
Ilustrasi belajaran online (Getty Images)
BEKASI, DAKTA.COM - Dampak pandemi Covid-19 salah satunya adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bagi pelajaran yang lebih mengutamakan praktek mungkin lebih menyulitkan, karena tidak bisa bertatap muka langsung.
 
Salah satu pelajaran yang banyak melakukan praktek adalah biologi, karena pelajaran itu lebih mempelajari dan mengamati terkait lingkungan hidup.
 
Dosen Biologi FKIP Uhamka, Dr. Gufron Amirullah, M.Pd., mengatakan pembelajaran biologi saat ini bisa dilakukan secara daring dengan metode yang bisa digunakan dan dipraktekkan sehari-hari di rumah.
 
"Misalnya berkebun, anak bisa mengobservasi tanaman dari saat ditanam hingga dikonsumsi. Jadi pembelajarannya mengamati fenomena di lingkungan sekitar," ucapnya dalam Bincang Pendidikan bersama Radio Dakta melalui Zoom, Kamis (9/7).
 
Bincang Pendidikan bersama Dosen Biologi FKIP Uhamka, Dr. Gufron Amirullah, M.Pd. melalui Zoom
 
Ia menyampaikan, di Uhamka sendiri sudah mengenal pembelajaran secara virtual sejak lama, dengan mengembangkan platform digital yang bisa digunakan oleh mahasiswa dan dosen.
 
Selama pembelajaran daring karena keterbatasan pertemuan tatap muka, pihaknya menekankan kepada mahasiswa agar tidak berpaku hanya kepada internet tetapi tetap menggali ilmu pengetahuan dengan observasi walaupun hanya di lingkungan sekitar.
 
"Kami juga tidak hanya menekankan ilmu pengetahuan, tapi kami membekali mahasiswa dengan kegiatan keterampilan dan menanamkan sikap akhlakul karimah saat pembelajaran virtual," jelasnya.
 
Menurutnya, yang paling penting dalam pembelajaran jarak jauh adalah sinyal internet, karena bagaimanapun itu yang mendukung proses pembelajaran agar tidak misinformasi.
 
Saat ini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru.
 
Uhamka beralamat di Jl. Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Informasi selengkapnya bisa menghubungi +62(021) 7394451 atau https://uhamka.ac.id/
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 797 Kali
Berita Terkait

0 Comments