Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 09/07/2020 13:21 WIB

Jalan Pintas Menuju Surga

Ilustrasi belajar ilmu agama (istimewa)
Ilustrasi belajar ilmu agama (istimewa)
DAKTA.COM - Mencari ilmu hukumnya wajib bagi setiap manusia sebagai sarana menambah pengetahuan agar memiliki martabat dihadapi orang lain.
 
Menuntut ilmu itu tidak terbatas pada jenjang usia, selagi masih hidup wajib terus menuntut ilmu. Allah subhanahu wa ta'ala memberikan keistimewaan dan menjanjikan imbalan surga bagi orang yang menuntut ilmu.
 
Sebagaimana Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju Surga." (HR. Ahmad)⁣.
 
Selain itu, Allah subhanahu wa ta'ala juga akan mengangkat derajat orang yang berilmu. Oleh karena, seorang muslim harus terus mencari ilmu sebagai upaya meraih sukses dunia akhirat menurut Islam. 
 
“Allah mengangkat orang beriman dan memiliki ilmu diantara kalian beberapa derajat dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan)." (QS. Mujadilah 11).
 
Menuntut ilmu sebenarnya bagian dari sebuah ibadah, apabila ilmu yang dimiliki diajarkan kepada orang lain dan itu termasuk amal jariyah. Selain itu dengan ilmu seseorang dapat lebih mengerti tentang ibadah yang dilakukan sehingga niat, maksud, dan tujuan dari ibadahnya lebih terarahkan.
 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya keutamaan seorang yang berilmu dibanding ahli ibadah, seperti keutamaan bulan di malam purnama dibanding seluruh bintang- bintang.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)
 
Pentingnya menuntut ilmu karena ilmu akan kekal dan akan bermanfaat bagi pemiliknya walaupun dia telah meninggal. 
 
Disebutkan dalam hadits, “Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang berdoa untuknya” (HR. Muslim).  Wallahu a'lam bissowab.
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1375 Kali
Berita Terkait

0 Comments