Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 03/07/2020 09:42 WIB

PCNU Kota Bekasi Fasilitasi Rapid Test Bagi Santri

Santri Darussalam, Banyuwangi mengikuti rapid test di posko NU Peduli Covid-19 Kota Bekasi
Santri Darussalam, Banyuwangi mengikuti rapid test di posko NU Peduli Covid-19 Kota Bekasi
DAKTA.COM - Sejumlah pondok pesantren di Indonesia memasuki masa normal baru. Ribuan santri pun mulai kembali ke Pesantren masing-masing dan kembali beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.
 
Demikian yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur. Sejak masa normal baru diberlakukan, para santri yang berasal dari berbagai daerah mulai kembali ke Pesantren Darussalam secara bertahap.
 
Santri Darussalam yang berasal dari wilayah Jabodetabek mengikuti rapid test sebagai syarat kembali ke Pesantren. Mereka berkumpul di kantor PCNU Kota Bekasi dan secara bergantian dicek kesehatan oleh petugas.
 
“Ada sekitar 30 santri Darussalam yang mau balik. Kita fasilitasi rapid testnya di sini (kantor PCNU Kota Bekasi), lalu nanti bersama-sama berangkat ke Darussalam pakai bis,” kata Ketua Lembaga Kesehatan NU (LKNU) Kota Bekasi, Wildan Fathurrahman kepada Dakta, Kamis (2/7).
 
Menurut Wildan, aksi sosial itu terselenggara berkat support dari Tim Nihayah Center di bawah arahan Anggota DPR RI Fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh.
 
Wildan berharap kegiatan serupa juga bisa dilakukan di seluruh Indonesia, terutama oleh keluarga besar NU.
 
“Saya atas nama LKNU Kota Bekasi tentu berterimakasih atas support Bu Nyai Nihayah. Semoga aksi seperti ini juga dilakukan oleh teman-teman yang lain,” tutur Wildan.
 
Sebelumnya, aksi serupa juga dilakukan oleh Banser Provinsi Bali pada Rabu, 1 Juli 2020 kemarin. Mereka membantu proses pemeriksaan hingga pengawalan rombongan santri Darussalam Bali yang akan kembali ke Pesntren, termasuk fasilitas rapid test.
 
Ninik (sapaan karib Nihayatul Wafiroh) mengaku salut sekaligus berterimakasih atas partisipasi Banser dan keluarga besar NU terhadap para santri Darussalam.
 
“Atas nama keluarga besar Darussalam kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Hormat setinggi-tingginya pada Banser. Semoga banser daerah lain juga terjun langsung ya,” tulis Ninik di laman Twitter pribadinya. **
 
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 486 Kali
Berita Terkait

0 Comments