Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 30/06/2020 15:00 WIB

Pelajar Swasta Miskin di Kota Bekasi Akan Dapat Beasiswa

Sosialisasi kegiatan pemberian beasiswa bagi siswa dan mahasiswa miskin di Kota Bekasi
Sosialisasi kegiatan pemberian beasiswa bagi siswa dan mahasiswa miskin di Kota Bekasi
BEKASI, DKTA.COM - Dinas Pendidikan Kota Bekasi menggelar sosialisasi kegiatan pemberian beasiswa bagi siswa dan mahasiswa miskin di Kota Bekasi bertempat di Universitas Mitra Karya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (30/6).
 
Kepala Bidang Perencanaan dan Bina Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Krisman Irwandi mengatakan pada APBD tahun 2020 Pemkot Bekasi mengalokasikan angaran beasiswa bagi siswa dan mahasiswa miskin warga Kota Bekasi senilai Rp2,5 miliar.
 
"Beasiswa dari APBD tahun 2020 di Kota Bekasi hanya untuk siswa swasta karena SMAN dan SMKN sudah digratiskan oleh Gubenur Jawa Barat melalui APBD Provinsi Jawa Barat," ungkap Krisman di sela-sela acara itu.
 
Krisman menjelaskan, nilai beasiswa yang akan diberikan bagi mahasiswa miskin yang berkuliah di Kota Bekasi sebesar Rp2,5 juta per semester. Sementara bagi siswa SMK dan SMA swasta sebesar Rp250 ribu perbulan.
 
"Tapi untuk tahun ini yang akan dicairkan hanya enam bulan karena sebelumnya ada Covid-19, mungkin tahun depan baru penuh satu tahun," tambah Krisman.
 
Pihaknya merinci banyaknya siswa SMA/SMK swasta yang akan mendapat beasiswa masing-masing 118 siswa atau total sebanyak 236 siswa.
 
"Teknisnya sekolah memberikan data siswa yang punya hak menerima nanti ada tim verifikasi dari Dewan Pendidikan dan Tim Percepatan Wali Kota serta Dinas Sosial yang menetapkan siapa saja yang dapat bantuan beasiswa ini," jelasnya.
 
Syarat utama penerima beasiswa ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga harus diverifikasi oleh Dinas Sosial. 
 
Pemberian Beasiswa bagi siswa dan mahasiswa miskin ini diharapkan akan membantu masyarakat dalam mengenyam pendidikan yang baik.
 
Sementara Pembina Yayasan Universitas Mitra Karya Kota Bekasi, Suroyo berharap agar pemberian beasiswa nantinya tepat sasaran sehingga benar-benar mampu membantu siswa atau mahasiswa miskin di wilayah Kota Bekasi.
 
"Kegiatan sosialisasi ini sangat kita dukung, karena sejak tahun 2004 lalu di kampus kita juga sudah diberlakukan pemberian beasiswa baik mahasiswa berprestasi, mahasiswa miskin, dan beasiswa dari Kementrian Pendidikan," ujar Suroyo.
 
Suroyo meminta Dinas Pendidikan Kota Bekasi agar tidak segan dalam membantu warga bersekolah, karena Universitas Mitra Karya juga siap memberikan bantuan beasiswa mandiri.
 
"Kalau ada yang mau kuliah tapi enggak mampu segera kirim kesini karena kami akan bantu dengan berbagai beasiswa dari yayasan," jelasnya. **
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 825 Kali
Berita Terkait

0 Comments