Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 29/06/2020 16:06 WIB

6 Perumahan di Setu Tergenang Banjir Akibat Penyempitan Sungai

Ilustrasi banjir di musim penghujan
Ilustrasi banjir di musim penghujan
SETU, DAKTA.COM - Enam perumahan yang ada di 2 desa di Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi sering tergenang banjir akibat adanya penyempitan aliran sungai.
 
Enam perumahan yang kerap tergenang banjir itu berada di Desa Cijengkol dan Desa Burangkeng.
 
Biasanya perumahan yang dialiran sungai Burangkeng berhilir di Cilengsi dan bermuara di Danau Cibeurem tidak banjir, namun saat awal tahun terjadi banjir sampai 3 kali. 
 
Kepala Desa Burangkeng, Nemin mengatakan sebenarnya aliran sungai sudah dilakukan pengerukan oleh pemerintah desa agar tidak banjir, tetapi setelah dievaluasi ternyata salah satu titik aliran sungai ada penyempitan yang dilakukan oleh salah satu pengembang perumahan.
 
"Pengembang itu membuat gorong-gorong sehingga aliran sungai tersendat, oleh karena itu pemerintah desa telah mengirimkan surat ke Pemerintah Kecamatan Setu, agar mereka dipanggil. Apalagi keberadaan pengembang itu berada di Kelurahan Cimuning Mustika Jaya KotaBekasi sehingga berbeda kewenangan daerah," jelasnya, Senin (29/6).
 
Nemin menambahkan jika gorong-gorong itu tidak dibongkar, maka pemerintah desa yang melakukan normalisasi atau pengerukaan.
 
"Prosesnya harus dilakukan secepatnya, mumpung belum musim hujan, jika tidak maka musibah banjir akan terjadi, ujarnya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 769 Kali
Berita Terkait

0 Comments