Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 25/06/2020 15:00 WIB

Jangan Merasa Diri Paling Suci

Ilustrasi berdoa - Photo by David Monje on Unsplash
Ilustrasi berdoa - Photo by David Monje on Unsplash
DAKTA.COK - Manusia adalah tempatnya salah dan khilaf. Tidak ada manusia yang bersih dan suci dari dosa.
 
Karena tempatnya salah dan dosa, sesama manusia tidak boleh merasa diri lebih baik atau suci dari orang lain. 
 
Rasa lebih baik dari orang lain sering muncul di hati atau benak setiap manusia. Padahal, kita tidak pernah tahu amal yang dikerjakan orang lain, bisa jadi mereka lebih baik dari diri sendiri.
 
Allah Ta’ala berfirman, “... Dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan)mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.” (QS. An Najm: 32).
 
Sebagai seorang muslim, berlomba-lomba dalam kebaikan itu wajib, tetapi merasa diri lebih banyak amalnya itu tidak diperbolehkan.
 
Karena sifat manusia itu sering melakukan maksiat kecil bahkan yang besar. Terkadang, ilmu yang telah dipelajari pun sedikit yang diamalkan. 
 
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah menyatakan diri kalian suci. Sesungguhnya Allah yang lebih tahu manakah yang baik di antara kalian.” (HR. Muslim no. 2142).
 
Prinsip yang harus dipegang adalah jangan selalu merasa diri sudah baik, namun berusaha terus untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Wallahu a'lam bish-shawabi
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2283 Kali
Berita Terkait

0 Comments