Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 25/06/2020 13:41 WIB

Jabar Siap Gelar Program Pelayanan KB Sejuta Akseptor

Ilustrasi keluarga berencana
Ilustrasi keluarga berencana
BANDUNG, DAKTA.COM - Dalam rangka Hari Keluarga Berencana Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat bersiap akan melaksanakan program Pelayanan KB Sejuta Akseptor.
 
Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Barat, Eva Riantini mengatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan serentak pada 29 Juni.
 
"Anggota IBI di Jabar sendiri ada sekitar 29 ribu anggota, semenjak program ini diluncurkan, kami sudah langsung bergerak di daerah kota dan kabupaten. Puncak kegiatannya nanti pada tanggal 29 Juni," ucapnya dalam Talkshow di Bandung, Kamis (25/6).
 
Ia menuturkan, dalam kegiatan ini masyarakat tidak dikenakan biaya. Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan ini di Puskesmas di kabupaten atau kota se-Jawa Barat.
"Syaratnya yang penting akseptor atau pasien siap menggunakan metode kontrasepsi KB, tentu sebelumnya melalui pemeriksaan," katanya.
 
Selama masa pandemi ini, ia mengaku, petugas bidan yang berperan dalam memberikan pelayanan itu dibekali dengan alat pelindung diri (APD) lengkap. Masyarakat yang datang pun harus menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan.
 
Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Barat, Ella Giri Komala mengatakan pihaknya siap mendukung dan menyukseskan program Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Jawa Barat.
 
"Kami dukung melalui majelis taklim dan pendidikan untuk menyosialisasikan program ini," katanya. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 716 Kali
Berita Terkait

0 Comments