Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 24/06/2020 14:13 WIB

Jangan Sepelekan Utang

llustrasi utang
llustrasi utang
DAKTA.COM - Menunaikan utang adalah kewajiban bagi setiap orang yang berutang untuk membuktikan keamanahan seseorang dalam menempati janjinya.
 
Namun, ada sebagian orang yang lalai dalam membayar utang. Dan ketika ditagih justru malah mengelaknya.
 
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Apabila seorang muslim berkaitan dengan suatu utang dan Allah mengetahui bahwa dia hendak melunasinya, maka Allah akan menolongnya untuk melunasinya di dunia” (HR Ibnu Majah no.2408, Ath Thabrani no. 19558, dan Ahmad no. 26859 tanpa lafazh di dunia, syu’aib al Arnauth berkata, ” hadits ini shohih berdasarkan syawahid). 
 
Sejak awal berutang seseorang hendaknya memiliki niat untuk bisa melunasinya. Keinginan yang kuat untuk membayar utang adalah do’a agar Allah memudahkannya dalam pembayaran utang.
 
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang terbaik diantara kalian adalah yang paling baik dalam menunaikan haknya“. (HR Bukhari no.2182). 
 
Sementara itu, bagi si pengutang hendaklah bersikap bijaksana seperti memberi toleransi waktu dan bersikap arif serta memahami kondisi orang yang berutang. 
 
Bahkan orang yang membayarkan utang orang lain atau menghapuskan utang akan diberi balasan oleh Allah ta’ala. 
 
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Barang siapa yang ingin diselamatkan dari azab di hari kiamat maka hendaklah dia meringankan beban orang yang kesulitan atau membebaskan utangnya” (HR Muslim). **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1310 Kali
Berita Terkait

0 Comments