Nasional / Olahraga /
Follow daktacom Like Like
Senin, 22/06/2020 09:06 WIB

Bersepeda, Hobi Baru di Era New Normal

Ilustrasi bersepeda (Foto: Hellosehat)
Ilustrasi bersepeda (Foto: Hellosehat)
BEKASI, DAKTA.COM - Olahraga bersepeda nampaknya menjadi hobi atau kebiasaan baru di era new normal.
 
Terlihat semakin menjamurnya pengguna sepeda di jalan-jalan umum, dari semua kalangan mulai anak kecil, dewasa, hingga orang tua, semua serempak menggowes kendaraan beroda dua itu.
 
Pakar Epidemiolog Universitas Islam Bandung (UNISBA), Dr. Fajar Yulianto mengungkapkan, olahraga bersepeda sangat bagus untuk kesehatan jika dilakukan dengan baik dan benar agar menghasilkan manfaat yang optimal bagi tubuh.
 
Ia menjelaskan, diantara manfaat bersepeda adalah menambah sistem imun yang berpengaruh pada kesehatan jantung dan aliran darah, sehingga muncul hormon yang lebih baik di tubuh.
 
"Bersepeda juga membuat tubuh terkena paparan sinar matahari, sehingga menambah vitamin D yang bisa memperkuat tulang dan imunitas," terangnya saat dihubungi Radio Dakta, Ahad (21/6). 
 
Lebih lanjut Dr Fajar menjelaskan, olahraga bersepeda juga bisa mengeluarkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan yang membuat suasana hati menjadi lebih baik.
 
"Dengan berolahraga rutin itu akan mengeluarkan endorfin yang sifatnya membuat mood lebih baik. Orang yang rajin olahraga juga mukanya terlihat lebih berseri dan tidur bisa lebih nyenyak," katanya.
 
Bersepeda Aman di Masa Pandemi
 
Kebiasaan baru bersepeda di era new normal tetap harus memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 seperti menggunakan masker dan berjaga jarak agar terhindar dari penyebaran virus corona.
 
Dr Fajar menyampaikan, boleh saja menggunakan masker saat bersepeda dengan syarat beradaptasi terlebih dahulu untuk menghindari nafas yang tidak teratur.
 
"Diperbolehkan asalkan dengan beradaptasi, jadi kita sudah terbiasa menggunakan masker saat bernafas. Kalau bersepeda menggunakan masker, kita harus bisa mengatur nafas kita agar tidak tersengal-sengal," jelasnya.
 
Ia pun menyarankan, agar menggowes sepeda dengan stabil dan melakukan monitoring detak jantung menggunakan alat pendeteksi untuk mengetahui kadar kemampuan jantung masing-masing.
 
"Kemudian, kalau sehabis keluar rumah bersepeda biasakan langsung membersihkan diri, cuci tangan, ganti baju, dan cuci sepeda untuk terhindar dari virus corona," pungkasnya. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 687 Kali
Berita Terkait

0 Comments