Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 19/06/2020 15:17 WIB

KLHK Minta Rumah Sakit Kelola Limbah Covid-19 dengan Baik

Limbah medis Covid-19 (Foto: xinhua)
Limbah medis Covid-19 (Foto: xinhua)
PONTIANAK, DAKTA.COM - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau kepada seluruh manajemen rumah sakit yang ada di Kalbar dan Indonesia umumnya untuk mengelola limbah infeksius Covid-19 dengan baik.
 
"Kelola limbah infeksius Covid-19 dengan baik, dan jangan sampai limbah tersebut malah menjadi sarana penyebaran pandemi Covid-19," kata Dirjen PSLB3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati saat memberikan materi pada Sosialisasi Penanganan Limbah B3, Infeksius Covid-19 melalui Workshop Online di Pontianak, Jumat (19/6).
 
Ia juga berharap pihak rumah sakit agar bisa mengelola limbah infeksius Covid-19 dengan baik, salah satunya dengan mesin incinerator (mesin pembakar sampah) yang dimiliki oleh setiap rumah sakit.
 
"Lakukanlah pengolahan limbah infeksius Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan, salah satunya sebelum dibakar, terlebih dahulu limbah itu disemprot dengan disinfektan," ujarnya.
 
Hal itu, menurut dia, penting dilakukan, agar limbah infeksius Covid-19 tidak menjadi sarana penyebaran virus corona pada masyarakat, sehingga memang harus dikelola dengan baik.
 
"Apalagi limbah infeksius Covid-19, saat ini tercatat naik sekitar 30 persen dibanding hari biasanya atau sebelum pandemi Covid-19," ujarnya. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Antara
- Dilihat 904 Kali
Berita Terkait

0 Comments