Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 19/06/2020 09:28 WIB

Cegah Osteoporosis dengan Perhatian Hal Ini

Ilustrasi Osteoporosis
Ilustrasi Osteoporosis
BEKASI, DAKTA.COM - Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang menjadi lemah dan rapuh. Biasanya, kondisi ini sering dialami oleh orang lansia karena dipengaruhi oleh usia.
 
Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Ita Kartika, Sp.KFR dari Mitra Keluarga Bekasi Timur mengatakan selain karena usia, osteoporosis bisa disebabkan dari penyakit lain seperti ginjal dan endokrin.
 
"Lalu pengaruh obat, imobilisasi, ganguan nutrisi, dan gaya hidup yang kurang baik seperti merokok bagi laki-laki menjadi salah satu penyebab osteoporosis," ujar dr. Ita Kartika dalam Bincang Kesehatan bersama Radio Dakta melalui Zoom, Jumat (19/6).
 
Bincang Kesehatan bersama dr. Ita Kartika dari Mitra Keluarga Bekasi Timur melalui Zoom
 
Ia menjelaskan, mencegah osteoporosis harus dilakukan sejak usia dini dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalsium dan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.
 
"Makanan yang tinggi kalsium itu susu, keju, yogurt, ikan yang ada tulangnya seperti ikan teri dan sarden, sayuran hijau, brokoli, kedelai di tempe dan tahu, hingga suplemen. Itu semua bisa dikonsumsi untuk menambah kalsium pada tulang," jelasnya.
 
Kemudian melakukan olahraga yang bertumpu pada penekanan tulang seperti jalan cepat dan lari selama 30-55 menit serta berjemur di bawah sinar matahari pada pagi atau sore hari.
 
Ia menambahkan, mencegah osteoporosis harus dilakukan sejak usia muda agar ketika tua tidak mengalami keretakan pada tulang. Semua itu harus dimulai dengan gaya dan pola hidup yang sehat.
 
Mitra Keluarga Bekasi Timur saat ini menyediakan layanan konsultasi online melalui WhatsApp. Masyarakat yang ingin konsultasi seputar kesehatan bisa melalui WhatsApp dengan mengetik "Hai" ke nomor 0822-1000-8080.
 
Untuk informasi mengenai jadwal dokter atau promosi yang tersedia di Mitra Keluarga Bekasi Timur dapat mengunjungi https://mitrakeluarga.com/
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 675 Kali
Berita Terkait

0 Comments