Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/06/2020 11:22 WIB

Makanan dan Minuman untuk Menjaga Kesehatan Hati

Ilustrasi. Jeruk Bali merah (istimewa)
Ilustrasi. Jeruk Bali merah (istimewa)
DAKTA.COM - Hati memiliki fungsi vital untuk kesehatan secara keseluruhan. 
 
Sebagai organ tubuh yang vital, hati memiliki peran untuk menetralisir racun, mengatur sirkulasi hormon, mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain. Organ ini juga berperan dalam produksi empedu dalam tubuh dan membantu pencernaan lemak.
Beberapa makanan diketahui dapat membantu menjaga kesehatan hati. Berikut melansir situs kesehatan Healthline.
 
1. Kopi
Kopi menjadi salah satu minuman terbaik untuk menjaga kesehatan hati. Kopi melindungi hati dari serangan penyakit. Beberapa penelitian menemukan kopi menurunkan risiko sirosis.
 
Manfaat-manfaat ini tampaknya berasal dari kemampuan hati mencegah penumpukan lemak dan kolagen sebagai dua dari penanda utama penyakit hati. Kopi juga mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar antioksidan pada hati.
 
2. Teh
Teh dikenal luas akan manfaatnya untuk kesehatan, termasuk menjaga hati tetap berfungsi dengan baik.
Beberapa penelitian menemukan bahwa teh meningkatkan kadar enzim dan lemak di hati.
 
Namun demikian, orang dengan masalah hati disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi teh hijau sebagai suplemen. Pasalnya, beberapa orang dilaporkan mengalami kerusakan hati akibat penggunaan suplemen yang mengandung ekstrak teh hijau.
 
3. Jeruk Bali merah (Grapefruit)
Grapefruit mengandung antioksidan yang secara alami dapat melindungi hati. Dua antioksidan utama dalam jeruk ini adalah naringenin dan naringin. Beberapa penelitian menemukan bahwa keduanya dapat membantu melindungi hati dari cedera.
 
Tak hanya itu, penelitian juga menemukan bahwa antioksidan dapat mengurangi perkembangan fibrosis hati. Nama terakhir merupakan kondisi penumpukan jaringan ikat di hati yang disebabkan oleh peradangan kronis.
 
4. Anggur
Anggur mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk tubuh seperti resveratrol. Sejumlah studi menemukan bahwa resveratrol pada anggur dapat menurunkan peradangan, mencegah kerusakan hati, dan meningkatkan kadar antioksidan.
 
Kendati demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk merekomendasikan konsumsi ekstrak anggur untuk menjaga kesehatan hati.
 
5. Jus Bit
Buah bit menjadi sumber nitrat dan antioksidan alami yang dapat mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan, termasuk pada hati.
Kemampuan jus bit untuk menangani peradangan di hati dilakukan dengan meningkatkan enzim yang berfungsi sebagai detoksifikasi alami.
 
6. Kacang
Kacang mengandung lemak dan nutrisi yang tinggi seperti vitamin E yang bersifat antioksidan. Komposisi ini diketahui dapat membantu menjaga kesehatan, termasuk pada hati.
 
Satu penelitian observasional pada 106 orang dengan penyakit hati lemak non-alkoholik (NAFLD) menemukan, konsumsi kacang dapat meningkatkan kadar enzim pada hati. Konsumsi kacang yang lebih rendah juga ditemukan meningkatkan risiko penyakit tersebut.
 
7. Minyak zaitun
Minyak zaitun dianggap mengandung lemak sehat yang punya manfaat kesehatan, termasuk pada hati. Sebuah studi menemukan, konsumsi 1 sdt minyak zaitun per hati dapat meningkatkan kadar enzim hati.
 
Hasil tersebut didukung oleh penelitian lainnya yang menemukan konsumsi minyak zaitun dapat menurunkan penumpukan lemak di hati dan peningkatan kadar enzim hati dalam darah.
 
Penumpukan lemak di hati merupakan awal dari berbagai penyakit hati.
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 713 Kali
Berita Terkait

0 Comments