Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 14/06/2020 12:35 WIB

Dekopinda Kabupaten Bekasi Siapkan Strategi Pemulihan Ekonomi

Ilustrasi koperasi (istimewa)
Ilustrasi koperasi (istimewa)
CIKARANG, DAKTA.COM - Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Bekasi tengah menyiapkan strategi pemulihan ekonomi agar koperasi kembali normal setelah terdampak pandemi Covid-19.
 
Pihaknya menargetkan kurun waktu dua bulan ekonomi koperasi dapat kembali pulih. 
 
Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM membahas pemulihan koperasi yang terdampak di Kabupaten Bekasi. 
 
"Untuk langkah dalam dua bulan ini, sudah berkomunikasi dengan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM agar bisa mengambil pekerjaan di pemerintah yang penunjukan langsung," katanya di CIkarang, Ahad (14/6).
 
Selain itu, koperasi saat ini bisa mengelola kantin di Pemerintahan Kabupaten Bekasi yang kini sudah berjalan. Dan pemerintah memfasilitasi koperasi menciptakan peluang.
 
Toto mengatakan Dekopinda juga tengah membahas keringan pajak untuk pelaku koperasi, selama ini kontribusi koperasi untuk pajak cukup tinggi. Oleh karena itu, pihaknya meminta semacam suatu kebijakan.
 
"Peran Pemerintah Kabupaten Bekasi, dibutuhkan agar koperasi dapat kembali pulih," ujarnya. 
 
Menurutnya, harus ada kekuatan politic power karena koperasi tidak bisa berjalan sendiri. Harus dituntun pemerintah dan difasilitasi.
 
Selama pandemi Covid-19 ini, Toto mengatakan, hampir 40 persen anggota koperasi ekonominya anjlok yang mengakibatkan penurunan produksi koperasi. 
 
"Pandemi Covid ini melumpuhkan ekonomi para pelaku koperasi dan UMKM. Karenanya, untuk semua koperasi saling menguatkan dan mengedepankan gotong royong," pungkasnya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2247 Kali
Berita Terkait

0 Comments