Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 11/06/2020 15:34 WIB

Tantangan Belajar Fisika di Rumah Selama Masa Pandemi

Ilustrasi belajar fisika (istimewa)
Ilustrasi belajar fisika (istimewa)
BEKASI, DAKTA.COM - Adanya pandemi Covid-19 membuat pembelajaran di sekolah dialihkan ke rumah masing-masing agar penyebaran virus corona bisa ditekan.
 
Akibatnya, banyak orang tua yang kewalahan dalam mengajarkan anaknya karena tidak terbiasa. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk memaksimalkan peranannya menjadi pengajar bagi anaknya.
 
Dosen Pendidikan Fisika FKIP Uhamka, Ferawati, M.Pd. mengatakan, sebenarnya pembelajaran di rumah bisa memanfaatkan media yang tersedia sehingga memudahkan anak dalam memahami pelajaran.
 
"Kita harus mengenali dulu cara belajar anak, misalnya dia suka nulis atau praktek atau diskusi, biarkan mereka memulainya. Setelah itu baru didorong untuk menggemari (bidang)  lainnya," jelasnya dalam Bincang Pendidikan bersama Radio Dakta, melalui Zoom, Kamis (11/6).
 
Bicang Pendidikan bersama Dosen Pendidikan Fisika FKIP Uhamka, Ferawati, M.Pd
 
Fera menyampaikan, orang tua bisa menggunakan metode belajar anak di rumah dengan memulai merumuskan hingga memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi sehari-hari di rumah.
 
Ia mencontohkan, misalnya dalam pembelajaran fisika di rumah bisa menggunakan media gelas, air, sendok, dan sebagainya. Misalnya belajar menghitung debit air, pembiasan cahaya, dan sebagainya. 
 
Di sisi lain, ia menyatakan bahwa di masa pandemi ini, orang tua dihadapkan pada tanggungjawab dan peran murninya, yaitu guru bagi anaknya.
 
Karena selama ini, menurutnya, banyak orang tua yang menyerahkan seluruh proses pembelajaran ke sekolah dan mengabaikan peranannya.
 
"Sekarang ini, bagaimana orang tua dipaksa mengajarkan anaknya secara langsung, sehingga bisa menghargai sosok guru yang selama ini berperan penting bagi pembelajaran anak di sekolah," ucapnya.
 
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) beralamat di Jl. Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Informasi selengkapnya bisa menghubungi +62(021) 7394451 atau https://uhamka.ac.id/
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 908 Kali
Berita Terkait

0 Comments