Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/08/2015 14:59 WIB

Sekjen PBB: 422.000 Warga Suriah Tak Tersentuh Bantuan

Kerusakan bangunan akibat serangan Jet tempur Suriah
Kerusakan bangunan akibat serangan Jet tempur Suriah

SURIAH_DAKTACOM: Sekjen PBB, Baan Ki-Moon menuding semua pihak yang bertikai di Suriah telah melakukan serangan serampangan di daerah yang dipenuhi penduduk sipil.

PBB bersama rekanannya menyatakan bahwa mereka tidak dapat menyalurkan bantuan makanan kepada 422.000 orang yang berada di daerah pertempuran Juli lalu.

Ban, dalam laporan bulanannya kepada Dewan Keamanan yang disebar pada Selasa (25/8), menyatakan bahwa 4,6 juta rakyat Suriah yang berada di daerah yang sulit dijangkau oleh bantuan kemanusian, tetap menjadi fokus utama.

Ia juga mengatakan bahwa PBB dan partnernya hanya dapat menjangkau 29 dari 127 lokasi yang terisolir pertempuran pada bulan lalu. Pun suplai yang dapat mencapai rakyat Suriah hanyalah berupa bantuan kesehatan yang jumlahnya sedikit.

Dirinya juga mengkritik absennya perlindungan terhadap masyarakat sipil serta pengabaian terhadap hak hidup di Suriah.

Pengiriman bantuan kemanusiaan kepada sekitar 12,2 juta orang di Suriah sangatlah sulit dilakukan. Diantaranya disebabkan oleh urusan administrasi dan birokrasi yang rumit.

Selaku Sekjen PBB, Baan Ki-Moon mendesak semua pihak agar memberikan akses agar bantuan dapat masuk ke Suriah yang tengah memasuki tahun ke 5 krisis kemanusiaan dengan total sekitar 250.000 korban meninggal.

Editor : Syifa Faradila
Sumber : Al Arabiya
- Dilihat 827 Kali
Berita Terkait

0 Comments