Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 09/06/2020 10:41 WIB

IPW: Usut Tuntas Kasus Penganiayaan Wartawan Radar Bekasi

Setop kekerasan terhadap wartawan (ANTARA)
Setop kekerasan terhadap wartawan (ANTARA)
BEKASI, DAKTA.COM - Ketua Presidium Ind Police Watch (IPW), Neta S Pane menyatakan sangat prihatin terhadap aksi kekerasan yang dialami oleh wartawan Radar Bekasi. Pihaknya pun mendesak kepolisian agar mengusut tuntas kasus tersebut.
 
"Agar kasus serupa tidak terulang, Polres Metro Bekasi harus segera mengusut dan menangkap pelakunya. Melihat kronologisnya, memang tak mudah untuk mengungkap dan menangkap pelakunya. Untuk itu masyarakat sekitar TKP diharapkan membantu aparatur kepolisian dalam memberikan informasi," katanya dalam keterangan tulisnya kepada Dakta, Selasa (9/6).
 
Ia menyimpulkan, dari kronologis kejadian tersebut ada dua kemungkinan. Pertama, pengeroyokan itu dilakukan oleh kawanan begal yang hendak menjarah dan mengambil sepeda motor korban. Sebab aksi begal kerap terjadi di sekitar Bekasi dan tempat kejadian perkara tergolong kawasan sepi. 
 
"Kedua, apakah penganiayaan ini berkaitan dengan profesi korban sebagai wartawan dimana ada pihak tertentu yang merasa terusik kepentingannya akibat berita-berita korban selama ini. Apapun latar belakangnya polisi tetap harus mengusutnya dengan tuntas," jelasnya.
 
Menurutnya, perlu dilakukan penelusuran terkait berita-berita yang dimuat korban dalam sebulan terakhir dalam penyelidikan.
 
"Apakah ada yang berpotensi membuat pihak-pihak tertentu merasa dendam hingga menganiaya korban," imbuhnya.
 
Ia mengaku, kekerasan terhadap wartawan sering terjadi berulang kali yang menjadi teror bagi profesi jurnalis. 
 
"Diharapkan organisasi-organisasi profesi kewartawan ikut bekerja keras membantu polisi untuk mengungkap kasus ini dan kemudian membawa pelakunya ke pengadilan," pungkasnya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 611 Kali
Berita Terkait

0 Comments