Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 05/06/2020 11:39 WIB

Simak Alur Pendaftaran PPDB SMA Jabar 2020 di Tengah Pandemi

Ilustrasi pendaftaran online
Ilustrasi pendaftaran online
BANDUNG, DAKTA.COM - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat akan digelar  secara online di https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/ mengingat saat ini sedang terjadi wabah pandemi Covid-19.
 
PPDB 2020 itu akan dilaksanakan dua tahap, yakni pada 8-12 Juni dan 25 Juni sampai 1 Juli 2020. Pendaftaran dilakukan dengan seleksi beberapa jalur, yakni jalur afirmasi, zonasi, perpindahan orang tua, dan prestasi.
 
Sekretaris 1 Panitia PPDB 2020 Provinsi Jawa Barat, Dian Peniasiani menjelaskan, kegiatan persiapan pendaftaran PPDB 2020 yang harus dilakukan calon peserta didik dari sekolah SMP/MTs asal, serta SMA/SMK/SLB yang menjadi tujuan. 
 
Jadwal persiapan dan alur pendaftaran PPDB online dimulai dari tanggal 13 Mei 2020 dengan pembagian akun ke sekolah asal oleh Panitia PPDB Disdik Jabar melalui koordinasi dengan Tim Pendataan UN SMP/MTs. 
 
Pada 14 Mei 2020 pembagian akun kepada calon peserta didik oleh SMP/MTs. 
 
"Untuk calon peserta didik dari SMP/MTs/ sederajat di luar sekolah provinsi Jawa Barat dapat membuat akun mandiri melalui https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/," katanya dalam Talkshow Jumat (5/6).
 
Pada 14 – 30 Mei 2020 calon peserta didik menginput dan mengupload dokumen persyaratan seperti nilai rapor yang dilakukan oleh sekolah asal bersama siswa, atau melalui operator.
 
Pada tanggal 15 – 18 Mei sekolah SMA/SMK/SLB, dikordinir cabang Dinas Pendidikan wil I sd.XIII menginput kuota atau daya tampung. Tanggal 18 – 20 Mei 2020 admin cabang dinas pendidikan memverifikasi daya tampung sekolah.
 
Kemudian, tanggal 21 Mei – 5 Juni 2020 calon peserta didik mengupload dokumen khusus dari masing-masing jalur seperti untuk jalur prestasi mengupload sertifikat atau piagam prestasinya secara online langsung di https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/
 
Selanjutnya, pada 5 – 7 Juni 2020 verifikasi data kelulusan yang dilakukan SMP/ MTs asal.
 
Koordinator Bidang Jaringan TIK, Sosialisasi Publikasi, Helpdesk, dan Monitoring Evaluasi PPDB 2020 Provinsi Jawa Barat, Hendra Kusuma Sumantri menambahkan pihak orang tua diimbau agar mengakses semua keran informasi yang sudah tersedia.
 
"Informasi sudah sangat jelas di media sosial kami Disdik Jabar maupun website https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/," Katanya. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1475 Kali
Berita Terkait

0 Comments