Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 31/05/2020 12:01 WIB

Kabupaten Bekasi Bersiap Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru Hadapi Covid-19

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja
Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja
CIKARANG, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi bersiap untuk menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB. 
 
Persiapan yang dilakukan di antaranya dengan merancang draft Peraturan Bupati terkait penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB di Kabupaten Bekasi. 
 
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan, setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini selesai pada 4 Juni mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi direncanakan akan mulai melakukan pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru. 
 
"Sebagaimana hasil rapat dengan Gubernur Jawa Barat, kami telah bersekat bersama sama Forkopimda untuk mempersiapkan pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru di Wilayah Kabupaten Bekasi," ucapnya di Cikarang, Ahad (31/5).
 
AKB akan dilakukan parsial bukan berdasarkan wilayah, dimana nanti akan dibagi ke dalam beberapa sektor diantaranya diantaranya sektor industri, sektor pemukiman, dan sektor pariwisata.
 
"Ketika PSBB dinyatakan selesai pada 4 Juni mendatang, maka selanjutnya akan mulai disosialisasikan penerapan Adaptasi Kehidupan Baru" katanya.
 
Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga akan memastikan kedepannya apakah AKB ini dapat berjalan dengan baik atau tidak dengan cara melakukan upaya yang sistematis, terkoordiansi dan konsisten dalam melakukan pengawasan publik. 
 
"Termasuk memperbesar kapasitas sektor kesehatan untuk mengantisipasi lonjakan penderita Covid-19," ujarnya.
 
Eka menambahkan, Adaptasi Kebiasaan Baru ini merupakan tahapan baru setelah kebijakan PSBB diberlakukan guna mencegah penyebaran massif Covid-19.
 
Ia mengingatkan, bahwa ketika AKB dilakukan masyarakat harus sadar penuh bahwa wabah Covid-19 masih ada di sekitar, jadi aktivitas ekonomi maupun publik diperbolehkan namun dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.
 
"Penerapan AKB nantinya diharapkan dapat menjadikan masyarakat menjadi pribadi, atau kelompok yang lebih disiplin, dan taat pada tatanan hidup sehat," jelasnya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2000 Kali
Berita Terkait

0 Comments