Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 26/05/2020 14:20 WIB

Pastikan Stabilitas Harga Pangan, Mendag Sidak Pasar di Bekasi

Mendag Agus melayani pembeli pada operasi gula di Pasar Baru Bekasi
Mendag Agus melayani pembeli pada operasi gula di Pasar Baru Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Sesudah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, Menteri Perdagangan (Mendag) melakukan inspeksi mendadak atau sidak di Pasar Baru Bekasi untuk memastikan stabilitas harga pangan, Selasa (26/5).
Dalam kunjungannya, bersama Satgas Pangan Kemendag dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, pihaknya juga melakukan operasi pasar dari komoditas gula pasir.
 
Seperti diketahui, operasi harga gula ini dilakukan menyusul kenaikan harga gula pasir di pasar yang dari awal puasa sampai sekarang ini harganya masih terus melambung.
 
Dalam sidkanya, Mendag Agus menemukan harga gula pasir mencapai Rp16.000 - Rp17.000 per kilogram, naik sekitar Rp4.000 dari harga normal yang biasa dibeli oleh masyarakat.
 
Pihaknya langsung membuka operasi pasar gula pasir dengan melayani langsung warga yang antre untuk membeli gula pasir seharga Rp12.500 per kilogram.
 
"Kita gelar operasi pasar gula supaya stok dan harga stabil pasca Lebaran, ada beberapa harga yang masih tinggi terutama gula," kata Mendag Agus Suparmanto.
 
Ia menjelaskan, kenaikan harga gula pasir yang terjadi belakangan ini disebabkan beberapa faktor, menurut Agus, Satgas Pangan saat ini terus melakuan penidakan kepada pengusaha yang berulah memainkan harga pasar.
 
"Memang ada keterkaitan dengan adanya mata rantai distributor yang panjang, karena produsen keluarnya Rp11 ribu, saya temui di sini (Pasar Baru Bekasi) beberapa masih Rp16.000 sampai Rp17.000," jelas Mendag Agus. ⁣
Ia mengaku, untuk komoditas lain seperti ayam dan bawang putih masih stabil. 
 
"Kemudian cabai rawit dan bawang bombai turun. Dan bawang merah masih sedikit tinggi Rp60ribu/Kg. Karena ada penurunan produksi di petani," kata Mendag.⁣ **

 

Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 1214 Kali
Berita Terkait

0 Comments