Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 17/05/2020 10:11 WIB

ARM HA-IPB Bagikan 350 Paket Lebaran ke Masyarakat Prasejahtera

ARM HA IPB membagikan 350 Paket Lebaran ke masyarakat prasejahtera
ARM HA IPB membagikan 350 Paket Lebaran ke masyarakat prasejahtera
BOGOR, DAKTA.COM -  Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (ARM HA-IPB) membagikan 350 paket sembako dan bantuan langsung tunai (BLT), kepada masyarakat di wilayah Bogor Timur, Bogor Utara, dan sekitarnya, Sabtu (16/5). 
 
Ketua HA-IPB, Fathan Kamil, mewakili ARM, menyerahkan bantuan itu secara resmi kepada Camat Bogor Utara dan Camat Bogor Timur, disaksikan langsung oleh Wakil Walikota Bogor, Dedi A. Rachiem.
 
Bantuan ini diserahkan ARM dalam rangka menyambut Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, sekaligus untuk meringankan beban, khususnya mereka yang terkena dampak ekonomi secara langsung akibat wabah Covid-19. 
 
Dari donasi alumni, terkumpul 250 bingkisan sembako senilai Rp150 ribu per paket. ARM juga menyalurkan bantuan dari mitranya, Perum BULOG, yang menitipkan 100 bingkisan sembako plus bantuan tunai, juga dengan total nilai Rp150 ribu per paket. 
 
Paket sembako ini terdiri atas beras, terigu, gula pasir, minyak goreng, mie telor, kecap, sirup, dan teh. Selain itu, ARM membagikan lebih dari 580 masker kain sumbangan para alumni kepada warga.
 
“Kelompok penerima donasi kali ini adalah masyarakat prasejahtera “Sekebun” Binaan HA-IPB DPC Kota Bogor di kawasan Tanah Baru, guru honorer vokasi, guru mengaji di kawasan Masjid Al-Ghifari, Masjid Alumni IPB Baranangsiang, Bukit Cimanggu City, Yasmin, serta guru honorer, dan warga prasejahtera lainnya di wilayah-wilayah tersebut, dengan total jumlah penerima manfaat sebanyak 350 orang,” ujar Ketua Umum HA-IPB, Fathan Kamil.
 
Fathan menegaskan, peran serta ARM dan Alumni IPB bukan hanya membantu masyarakat saat terjadi pandemi Covid-19. Pasca wabah Covid 19, ARM dan HA-IPB bertekad meningkatkan aksinya, terutama dalam bidang ketahanan pangan, rantai suplai produk pertanian, dan pertanian perkotaan (urban farming).
 
“Konsepnya nanti berupa pendampingan masyarakat binaan di tiap keluarga, sumbangan pemikiran, serta aksi nyata dengan berperan sebagai penghubung antara petani, UMKM dan pengguna akhir,” jelas Fathan.
 
Menurut Wakil Walim Kota Bogor, Dedie A. Rachiem, di wilayah Kota Bogor, terdapat 152.000 dari 320.000 kepala keluarga yang harus dibantu, sementara, anggaran pemerintah terbatas. 
 
"Karena itu kami merasa sangat terbantu dengan donasi seperti ini," ujarnya saat menyaksikan serah-terima bantuan ARM. 
 
Hingga medio Mei 2020 ini, ARM sebagai badan otonom bidang kemanusiaan HA IPB telah menuntaskan lima operasi bantuan kemanusiaan dalam membantu masyarakat dan mahasiswa yang terkena dampak ekonomi wabah virus corona ini. 
 
Total bantuan yang telah ARM salurkan berupa 6,75 ton beras, 300 BLT,  350 paket sembako, paket disinfektan dan hand sanitizer, serta perlengkapan alat perlindungan diri (APD), dengan jangkauan penerima bantuan berjumlah 1.150 orang plus enam Puskesmas. **
 
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 1150 Kali
Berita Terkait

0 Comments