Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 15/05/2020 11:22 WIB

Kenali Penularan HIV/IDS

Ilustrasi HIV dan AIDS
Ilustrasi HIV dan AIDS
BEKASI, DAKTA.COM - Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.
 
Banyak stigma negatif yang diterima oleh orang dengan HIV/AIDS atau ODHA karena dianggap berisiko menularkan ke lingkungan sekitarnya.
 
Koordinator Champaign Yayasan AIDS Indonesia, Verrel Yudistira menjelaskan bahwa masih banyak sebagian masyarakat yang menganggap orang dengan HIV/AIDS disebabkan karena penyimpanan seksual sehingga dikucilkan di tengah masyarakat.
 
Selain itu, banyak masyarakat yang beranggapan miring terhadap ODHA karena takut tertular virus HIV/AIDS.
 
"Penularan HIV/AIDS itu harus ada 3 syarat dan 4 media cairan, yaitu darah, sperma, cairan vagina, dan air susu ibu," jelasnya dalam Talkshow bersama Radio Dakta melalui live Instagram, Jumat (15/5).
 
Talkshow bersama Koordinator Champaign Yayasan AIDS Indonesia, Verrel Yudistira melalui live Instagram
 
Sedangkan perilaku berisiko yang bisa menularkan virus HIV/AIDS adalah donor darah tanpa melakukan proses penyaringan, penggunaan jarum suntik secara bergantian, dan melakukan hubungan seksual bukan dengan pasangan halal.
 
Verrel mengatakan, sejauh ini Yayasan AIDS Indonesia terus melakukan penyuluhan ke masyarakat yang menyasar kepada pelajar tingkat SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.
 
"Kami sudah melakukan penyuluhan hampir ke 1000 instansi terkait pencegahan virus HIV/AIDS agar generasi kita terhindar dari itu. Kita tidak pungkiri bahwa usia produktif paling rentan tertular," ungkapnya.
 
Pihaknya mengajak masyarakat agar tidak melakukan diskriminasi kepada orang dengan HIV/AIDS, karena seharusnya mereka dirangkul supaya bisa sembuh. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 561 Kali
Berita Terkait

0 Comments