Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 15/05/2020 09:27 WIB

Kiat-kiat Agar Mag Tak Sering Kambuh

Ilustrasi sakit mag
Ilustrasi sakit mag
BEKASI, DAKTA.COM - Sakit mag sudah tidak asing di masyarakat, karena hampir banyak orang yang menderita sakit di sekitar area lambung itu.
 
Sakit mag menyerang bagian organ lambung karena terjadinya peradangan sehingga menyebabkan gangguan pencernaan.
 
dr. Suwito Indra, Sp.PD-KGEH, FINASIM dari Mitra Keluarga Bekasi menjelaskan kiat-kiat untuk mengatasi agar gangguan mag tidak sering kambuh, yaitu masyarakat harus mengenali terlebih dahulu sakit mag yang diderita.
 
"Harus mengenal sakit mag yang diderita supaya tidak sering kambuh, seperti faktor apa yang mudah menyebabkan kambuh, misalnya stres dan cemas, maka kita harus bisa mengatur hal tersebut," katanya dalam Bincang Kesehatan bersama Radio Dakta melalui aplikasi Zoom, Jumat (15/5).
 
Bincang Kesehatan bersama dr. Suwito Indra dari Mitra Keluarga Bekasi melalui aplikasi Zoom
 
Kemudian, lanjut dr. Suwito, apabila sakit mag disebabkan karena mengonsumsi suatu makanan, seperti pedas, asam, bersantan, dan sebagainya, maka harus dihindari agar tidak mengundang mag kambuh.
 
"Jika makanan yang dikonsumsi menimbulkan ganguan, tentu kita harus menghindarinya. Karena setiap orang berbeda-beda pada kecocokan makanannya, jadi harus mengenali makanan yang dikonsumsi," jelas dr Suwito.
 
Menurutnya, gejala penyakit mag kambuh yang dirasakan oleh penderita di antaranya nyeri di perut bagian atas sekitar ulu hati, rasa panas di dada, mual-mual, sering muntah, sakit kepala, dan sebagainya.
 
Rekan Dakta yang ingin berkonsultasi dengan dr. Suwito dapat mengunjungi Mitra Keluarga Bekasi setiap Senin-Jumat pada pukul 11-14 WIB.
 
Mitra Keluarga Bekasi juga sedang menyelenggarakan rapid test gratis di Stadion Patriot Candrabhaga yang dimulai pada tanggal 9 Mei hingga 31 Mei 2020. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website www.mitrakeluarga.com. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 691 Kali
Berita Terkait

0 Comments