Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 17/04/2020 09:35 WIB

Kenali! Ini Gejala Flu Biasa dengan Covid-19

Ilustrasi Coronavirus Disease (Covid-19)
Ilustrasi Coronavirus Disease (Covid-19)
BEKASI, DAKTA.COM - Gejala orang terinfeksi virus corona atau tertular Covid-19, hampir sama dengan flu biasa. Sehingga banyak orang yang menganggap batuk, pilek, dan demam merupakan penyakit flu biasa. Padahal bisa jadi itu gejala dari Covid-19.
 
Lalu apa sebenarnya perbedaan flu biasa dengan Covid-19? Simak penjelasannya.
 
Dokter Spesialis Anak Mitra Keluarga Bekasi Timur, dr. Riadhy B. Prasetyo, Sp.A, menjelaskan flu biasa keluhan umumnya muncul dari hidung dan tenggorokan atau di saluran pernapasan atas.
 
Gejala-gajalanya adalah bersin-bersin, hidung tersumbat dan berair, sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, batuk, serta demam tetapi jarang terjadi.
 
"Gejala-gejala tersebut biasanya muncul 1–3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit," kata dr. Riadhy dalam Bincang Kesehatan bersama Radio Dakta melalui seluler, Jumat (17/4).
 
Hampir sama dengan flu biasa, novel coronavirus juga menginfeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu, orang yang menderita Covid-19 bisa mengalami gejala yang mirip dengan flu. 
 
"Meski begitu, virus corona yang sekarang sedang mewabah lebih sering menyebabkan keluhan pada saluran pernapasan bawah. Virus corona bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil atau menyusui serta bayi dan anak-anak. Munculnya gejala Covid-19 ini disebabkan oleh reaksi tubuh untuk melawan virus corona," jelasnya.
 
dr. Riadhy menyampaikan, ada tiga gejala utama yang dapat muncul pada Covid-19, yaitu demam tinggi, batuk, sesak napas, pasien juga bisa mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual, dan muntah. 
 
 
Ia menuturkan, orang yang tanpa gejala Covid-19 lebih sering menularkannya, karena mereka tidak tahu dalam dirinya terdapat virus. Oleh karena itu, Pemerintah meminta masyarakat untuk berdiam diri di rumah.
 
"Justru yang tanpa gejala ini harus diperhatikan karena dia yang menularkannya. Biasanya, karena imunitas pada anak lebih kuat, jadi mereka lebih tahan," ucapnya.
 
Mitra Keluarga Bekasi Timur sedang mengadakan Promo Paket Screening Covid-19, yakni  Paket Silver meliputi konsultasi dokter, rapid test, dan administrasi sebesar Rp475.000.
 
Paket Gold meliputi konsultasi dokter, darah rutin, hitung jenis, rontgen dada, rapid test, dan administrasi sebesar Rp900.000.
 
Paket Platinum meliputi konsultasi dokter, darah rutin, hitung jenis, CT Thorax Non Kontras, rapid test, dan administrasi sebesar Rp2.500.000.
 
Kemudian, Paket Suntik Vitamin C sebesar Rp99.000 dan Paket Suntik Multivitamin sebesar Rp109.000.
 
Paket ini berlaku mulai 18 April hingga 30 Juni 2020. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi ke (021) 8999-9222 atau WA 0811-844-4462. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1282 Kali
Berita Terkait

0 Comments