Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 16/04/2020 15:45 WIB

Pentingnya Peran Orang Tua dan Guru Saat Home Learning

Ilustrasi belajar
Ilustrasi belajar
BEKASI, DAKTA.COM - Sejak merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia, Pemerintah dengan cepat mengambil keputusan untuk meliburkan sekolah dan menggantinya untuk belajar di rumah atau home learning demi menekan penularannya.
 
Home learning ini banyak dinilai menyulitkan karena di Indonesia sendiri tidak terbiasa dengan sistem pembelajaran tanpa tatap muka.
 
Dosen Pendidikan Guru PAUD FKIP Uhamka, Khusniyati Masykuroh mengatakan, perlu peran penting antara orang tua dan guru atau pihak sekolah dalam membimbing anak belajar di rumah. 
 
"Memang terjadi gegar budaya atau culture shock di Indonesia. Karena kita semua tidak pernah mempersiapkan ada dalam kondisi seperti ini," katanya dalam Bincang Pendidikan bersama Uhamka dengan Radio Dakta, Kamis (16/4).
 
Seperti halnya orang tua, ia tidak pernah mempersiapkan menjadi guru di rumah sekaligus menjalankan perannya untuk work from home.
 
"Begitu juga dengan guru, tidak pernah mempersiapkan proses pembelajaran jarak jauh. Anak pun juga terjadi culture shock yang biasanya bertemu guru dan teman-teman, sekarang harus di rumah sehingga menimbulkan kerinduan," ucapnya.
 
Oleh karena itu, peran dari orang tua dan guru harus benar-benar diperhatikan baik dari komunikasi maupun koordinasi dalam memberikan pembelajaran bagi anak di rumah, agar mereka tetap mendapatkan hak pendidikan.
 
"Jadi guru tidak boleh hanya sekadar mengirimkan lembaran tugas, harus ada bagaimana proses pembelajaran di rumah, agar menumbuhkan kreativitas anak," ucapnya. 
 
Ia juga menyampaikan, momentum home learning bagi anak ini bisa digunakan oleh orang tua untuk mengajak anak bersama-sama beribadah, masak, berkreasi, sehingga menimbulkan kedekatan lebih.
 
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) beralamat di Jl. Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Informasi selengkapnya bisa menghubungi +62(021) 7394451 atau https://uhamka.ac.id/
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1061 Kali
Berita Terkait

0 Comments