Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 08/04/2020 10:15 WIB

MUI: Tak Ada Alasan untuk Tolak Penguburan Jenazah Covid-19

Pemakan seorang warga Perumahan Puri Cendana yang meninggal diduga suspect Covid-19, Sabtu (21/3)
Pemakan seorang warga Perumahan Puri Cendana yang meninggal diduga suspect Covid-19, Sabtu (21/3)
JAKARTA, DAKTA.COM - Masyarakat di beberapa daerah menolak penguburan jenazah Covid-19 dengan pertimbangan beraneka ragam. MUI memandang, penolakan penguburan seperti itu tidak sepatutnya dilakukan karena memang tidak ada alasan yang kuat. 
 
Hal ini disampaikan Wakil Sekjen MUI Bidang Fatwa, KH. Sholahuddin Al-Aiyub di Jakarta, dalam keterangannya yang diterima Rabu (8/4). 
 
Kiai Aiyub mengungkapkan, tidak ada alasan untuk menolak penguburan jenazah Covid-19 ini dikarenakan dua hal. Pertama, kata dia, dalam Islam, penguburan jenazah itu hukumnya adalah fardlu kifayah. Artinya, umat Islam yang ada di daerah tersebut yang paling berkewajiban melaksanakan hak-hak jenazah. 
 
Alasan kedua, lanjut Kiai Aiyub, di dalam Islam,  tidak boleh menunda-nunda penguburan jenazah. 
 
“Jadi kalau kita melihat hadist, diterangkan bahwa jika ada di antara kalian yang meninggal, jangan kalian menahan-nahan, dan segerakanlah dia itu dikuburkan di tempat pemakamannya,” katanya.  
 
Selain alasan keagamaan, dari sisi protokol medis pun, ujar Kiai Aiyub, penanganan jenazah Covid-19 sudah memperhatikan keselamatan dari tempat pemakaman. 
 
Ia menyampaikan, jenazah Covid-19 sudah dikafani dan dilapisi kantong jenazah berbahan plastik yang tidak tembus. Jenazah tersebut kemudian dimasukkan ke dalam peti yang sudah sesuai prosedur medis ketat juga.  
 
“Artinya pada saat dikebumikan, tetesan itu bisa diantisipasi, protokolnya bukan hanya menjaga orang yang menguburkan, tetapi juga keselamatan orang yang ada di daerah sekitar,” katanya. 
 
Kiai Aiyub menilai, adanya penolakan-penolakan seperti ini di masyarakat disebabkan salah paham dari masyarakat sendiri. 
 
Ia pun meminta kepada pemerintah untuk memberikan informasi lebih detail terkait aspek kesehatan dalam penguburan jenazah Covid-19. Selain kepada pemerintah, ia juga mendorong media untuk terus menyuarakan kepada khalayak bahwa prosedur penanganan jenazah ini sudah aman.  
 
“MUI mengimbau kepada aparat untuk melakukan langkah persuasi terlebih dahulu, saya menebak itu belum pahamnya masyarakat. Saya mohon betul kepada teman-teman wartawan, terus disampaikan, sehingga bisa sampai kepada masyarakat kita dan masyarakat kita bisa memahami,” katanya.  **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1360 Kali
Berita Terkait

0 Comments