Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 05/04/2020 10:35 WIB

Mendesak, Kabupaten Bekasi Butuh APD Tambahan

Ilustrasi tenaga medis menggunakan alat pelindung diri
Ilustrasi tenaga medis menggunakan alat pelindung diri
CIKARANG, DAKTA.COM - Jumlah Alat Pelindung Diri (APD) yang dimiliki Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, hingga saat ini hanya ada sebanyak 200 alat.
 
Anggota DPRD dari Fraksi PKS Kabupaten Bekasi Budiyanto, mengatakan berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan, jumlah APD yang dimiliki dinkes, ada 200 alat. Padahal di masa pandemi saat ini, peralatan alat kesehatan seperti APD ini sangat mendesak dibutuhkan.
 
"Padahal ada 44 puskesmas, serta 10 rumah sakit yang saat ini menjadi rujukan dalam penanganan pasien virus corona," katanya, Ahad (5/4).
 
Ia mengaku, APD itu sangat dibutuhkan dalam jumlah banyak, mengingat petugas seperti Public Safety Center (PSC) 119 setiap hari berkeliling untuk mengindentifikasi masyarakat, termasuk tenaga kesehatan yang bertugas dalam penguburan korban Covid-19, sehingga tidak ikut terinfeksi.
 
"Sebagai legislatif, semua fraksi di DPRD sepakat mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 miliar, untuk penanganan virus corona, Pemkab Bekasi pun telah merespon dan mengajukan anggaran meski belum resmi sebesar Rp150 miliar," ujarnya.
 
Dengan adanya anggaran itu, penanganan corona di Kabupaten Bekasi dapat maksimal, termasuk untuk kebutuhan APD.
 
Budiyanto yang juga sebagai sekretaris Asosiasi Pengusaha Limbah Indonesia (ASPELINDO) ini meminta seluruh pihak berkontribusi dalam mengatasi persoalan penyebaran virus corona dengan membantu penyediaan APD bagi petugas kesehatan.
 
"ASPELINDO telah melakukan penggalangan dana terhadap anggotanya, dan terkumpul sejumlah dana untuk pembelian sebanyak 75 alat, yang disalurkan ke Dinkes dan Puskesmas," ucapnya.
 
Ia berharap apa yang telah dilakukan ASPELINDO dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak, khususnya dunia industri supaya ikut membantu penanggulangan wabah corona, serta meminta masyarakat agar menaati imbauan pemerintah untuk mengisolasi diri, guna mencegah penyebaran virus corona. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2029 Kali
Berita Terkait

0 Comments