Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 05/04/2020 10:54 WIB

BUMDes Pasir Gombong Sejahtera Produksi Masker Kain

Masker kain hasil produksi dari BUMDes Pasir Gombong Sejahtera
Masker kain hasil produksi dari BUMDes Pasir Gombong Sejahtera
CIKARANG, DAKTA.COM - Semakin meluasnya wabah corona (Covid-19) di Indonesia menjadikan jumlah masker yang ada di pasaran menjadi langka. 
 
Peluang ini dimanfaatkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pasir Gombong Sejahtera, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi untuk membuat masker.
 
Ketua BUMDes Pasir Gombong Sejahtera, Burhanudin HM mengatakan awalnya pihaknya hanya memproduksi baju jadi seperti kaos, daster dan lain-lain, tetapi karena kasus corona semakin mewabah maka produksinya dirubah menjadi pembuatan masker berbahan kain.
 
"Produksi masker setiap hari mencapai 150 lusin perhari yang dikerjakan oleh ibu-ibu di Desa Pasir Gombong yang memiliki keterampilan menjahit di rumahnya masing-masing, kemudian sorenya dibawa ke kantor BUMDes untuk dipasang tali menggunakan 6 mesin," jelasnya, Ahad (5/4).
 
Untuk harga perlusin dari masker kain itu Rp30 ribu, biasanya pesanan datang dari masyarakat Pasir Gombong sendiri dan masyarakat dari luar desa.
 
"Karena saya tergabung kedalam Forum BUMDes Kabupaten Bekasi, maka banyak temen-temen desa yang pesan, kemungkinan untuk dijual kembali di desanya. Apabila ingin mendapatkan masker ini masyarakat tinggal datang saja ke kantor BUMDes," katanya.
 
Burhanudin menyampaikan, dengan banyaknya pesanan masker, tentu desanya memperoleh pendapatan lebih, dan usaha BUMDes dapat berjalan yang ujungnya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Pasir Gombong. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2080 Kali
Berita Terkait

0 Comments