Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 03/04/2020 13:55 WIB

ACT Bersama TNI Bagikan 14 Ton Beras di Wilayah Bekasi

ACT bersama TNI melakukan pembagian beras gratis kepada kelompok miskin kota di Bekasi
ACT bersama TNI melakukan pembagian beras gratis kepada kelompok miskin kota di Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bekasi berkolaborasi dengan TNI melakukan pembagian beras gratis kepada kelompok miskin kota (KMK) di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi. Selain pembagian beras, kegiatan bertajuk Operasi Beras Gratis tersebut juga membagikan hand sanitizer dan masker kepada KMK yang terdampak wabah Covid-19 di wilayah setempat. 
 
Adapun total beras yang dibagikan sebanyak 14 ton beras dengan rincian 2.800 paket isi 5 kilogram, serta 2.000 botol hand sanitizer dan 6.000 masker. Wilayah pendistribusian meliputi dua kecamatan di Kota Bekasi, yakni Kecamatan Mustika Jaya dan Kecamatan Bantar Gebang. Untuk wilayah Kabupaten Bekasi, pembagian dilakukan di Kecamatan Cibarusah. 
 
“ACT bersama TNI dalam hal ini Kodim 0507/Bekasi melakukan pembagian beras gratis di Kota Bekasi. Untuk Kabupaten Bekasi kita bekerjasama dengan Koramil 09 Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Diharapkan, bantuan beras gratis ini dapat mengurangi beban masyarakat menengah ke bawah di tengah dampak wabah Corona yang terjadi,” ujar Kepala Cabang ACT Bekasi Ishaq Maulana, pada Kamis (2/4). 
 
Beras yang diambil merupakan beras dari Lumbung Beras Wakaf Blora dan Karawang hasil dari program turunan Operasi Pangan Gratis.  Dalam penanggulangan wabah Covid-19, ACT tidak hanya melihat dari aspek kesehatan tetapi juga dari aspek sosial ekonomi. 
 
Sementara Camat Mustika Jaya Gutus Hermawan mengatakan, pihaknya mewakili masyarakat Mustika Jaya, Kota Bekasi mengapresiasi dan bersyukur atas aksi yang dilakukan ACT dengan membagikan beras gratis. Sebab, menurutnya dampak Covid-19 tidak hanya terjadi pada aspek kesehatan tetapi juga ekonomi. 
 
“Alhamdulillah saya mewakili masyarakat mengucapkan sangat berterima kasih kepada ACT dan TNI. Bantuan kecil kalau tepat sasaran itu akan lebih bermanfaat dan mengena,” ujar Gutus di sela kegiatan distribusi. 
 
Program Operasi Beras Gratis secara resmi dilepas pada Kamis (2/4), di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Pelepasan tersebut dihadiri oleh jajaran direksi ACT dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Total, bantuan yang dibagikan untuk wilayah Jabodetabek  sebanyak 1.000 ton beras.
 
Bantuan ini akan didistribusikan kepada 200.000 KK di Jabodetabek yang ekonominya turut terkena imbas pandemi Covid-19. Untuk tahap awal, layanan Operasi Beras Gratis bersama Mabes TNI akan menerjunkan 10 truk TNI yang membawa beras dengan total muatan 100 ton beras yang akan dibagikan ke 10 titik termasuk Bekasi. 
 
Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin  menerangkan, dalam penanggulangan wabah Covid-19, ACT bukan hanya melihat dari aspek kesehatan tetapi juga dari aspek sosial ekonomi. Armada akan diturunkan untuk menjangkau ratusan ribu penerima manfaat dalam kurun waktu satu bulan. 
 
“Kerja sama ini adalah lanjutan kerjasama dalam merespon kejadian bencana alam. ACT memiliki relawan lebih dari 170.000 relawan dalam mendampingi kerja-kerja kemanusiaan. Saya yakini, bangsa ini bisa menghadapi berbagai bencana baik bencana alam maupun bencana yang ada saat ini yaitu Covid-19. Bangsa ini memiliki modal besar yaitu solidaritas sosial yang tinggi. Semoga, ini menjadi salah satu obat terkuat yang dimiliki bangsa ini pula. Saya mengajak TNI dan seluruh masyarakat, mari kita gerakan kembali solidaritas sosial nasional,” ungkap Ahyudin. 
 
Pendistribusian bantuan hari ini di 10 titik di Jabodetabek diantaranya meliputi Jakarta Pusat (Petamburan/Tanah Abang), Jakarta Timur (Jati/Pulau Gadung), Jakarta Selatan (Jagakarsa), Jakarta Barat (Duri Kepa/Kebun Jeruk), Jakarta Utara (Pademangan Barat), Depok (Cimanggis), Kabupaten Tangerang (Rancagong Legok), Tangerang Selatan (Peduren/PD. Pucung), Kota Bekasi (Bantar Gebang dan Mustika Jaya) dan Kabupaten Bekasi (Cibarusah). Tentunya dalam pendistribusian tetap memperhatikan faktor keamanan dan protokol yang berlaku dalam penanganan Covid-19. 
 
“Kami percaya bantuan ini dapat disalurkan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh  pihak yang turut berpartisipasi. Semoga, sumbangsih kita bersama dapat meringankan beban masyarakat. Semoga pula wabah Covid-19 di seluruh dunia dapat segera berakhir,” terangnya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1830 Kali
Berita Terkait

0 Comments