Internasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 01/04/2020 14:31 WIB

16 Negara Ini Belum Terjangkit Pandemi Covid-19

(dok) Seorang pekerja medis memeriksa pasien di Wuhan (Foto: Xinhua)
(dok) Seorang pekerja medis memeriksa pasien di Wuhan (Foto: Xinhua)
JENEWA, DAKTA.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus corona baru Covid-19 sebagai pandemi global. 
 
Meski penyebarannya masif, sejauh ini, setidaknya terdapat 16 negara yang belum melaporkan kasus Covid-19.
 
Negara-negara itu tersebar di kawasan Asia, Afrika, dan Pasifik. Di Asia yang hingga kini belum memiliki kasus Covid-19, yakni Turkmenistan, Tajikistan, dan Korea Utara (Korut).
 
Sedangkan, di Afrika, negara yang belum melaporkan kasus Covid-19 antara lain Lesotho, Sudan Selatan, Yaman, Sierra Leone, Burundi, dan Malawi. Sedangkan daftar negara di Pasifik adalah Tonga, Samoa, Vanuatu, Cook Islands (Keplauan Cook), Niue, dan Tuvalu.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengatakan wabah Covid-19 belum akan usai di kawasan Asia dan Pasifik. Negara-negara diminta mempersiapkan diri menghadapi penularan virus corona berskala besar.
 
“Biar saya perjelas, epidemi ini masih jauh dari selesai di Asia dan Pasifik. Ini akan menjadi pertempuran jangka panjang dan kita tidak bisa mengecewakan penjaga kita,” kata Direktur Regional Pasifik Barat di WHO Takeshi Kasai pada Selasa (31/3).
 
Menurutnya, dengan semua tindakan yang telah diambil risiko penularan di kawasan Asia dan Pasifik tidak akan hilang selama pandemi berlanjut. 
 
“Kami membutuhkan setiap negara untuk terus mempersiapkan transmisi komunitas skala besar,” ucapnya.
 
Ia mengatakan negara-negara dengan sumber daya terbatas, seperti negara di Kepulauan Pasifik adalah prioritas. Sebab mereka harus mengirim sampel ke negara lain untuk diagnosis. Pembatasan transportasi membuat hal itu semakin sulit dilakukan.
 
Untuk negara-negara yang telah melihat pengurangan kasus, mereka tidak boleh lengah. Kasai memperingatkan bahwa virus mungkin datang kembali.
 
Berdasarkan data yang dihimpun John Hopkins University and Medicine (Coronavirus Resource Center), saat ini terdapat lebih dari 857 ribu kasus Covid-19 yang tersebar di 180 negara. Sementara korban meninggal telah melampaui 42 ribu jiwa. **
Editor :
Sumber : Reuters
- Dilihat 2335 Kali
Berita Terkait

0 Comments