Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 28/03/2020 11:28 WIB

Tes Cepat, 77 Warga Kabupaten Bekasi Negatif Corona

Tes cepat yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur
Tes cepat yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur
CIKARANG, DAKTA.COM - Sebanyak 77 orang dinyatakan negatif dalam tes cepat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.
 
Pemeriksaan itu dilakukan secara drive thru, setelah sebelumnya juga telah dilakukan secara door to door ke rumah warga di beberapa titik di Kabupaten Bekasi. Acara tersebut berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jumat (27/3). 
 
Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan Pemeriksaan itu, difokuskan untuk kategori B, yakni bagi mereka yang berprofesi dengan interaksi sosial tinggi. 
 
Seperti Babinsa (TNI), Babinkamtibnas (Polri) dan Petugas Kesehatan. Termasuk pejabat publik yang langsung berhadapan dengan warga seperti Camat, Lurah/Kepala Desa.
 
"Pelaksanaan test cepat atau Rapid Test dilakukan oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi diikuti oleh 77 orang yang terdaftar dalam Kategori B," ucapnya. 
 
Dalam prosesnya, dengan mengambil sampel darah dan langsung diuji menggunakan alat berupa testpack khusus. Hasilnya akan terlihat langsung setelah 10 s.d 15 menit kemudian.
 
"Dalam dua hari, tes telah dilakukan di beberapa titik di Kabupaten Bekasi melalui door to door ke rumah warga. Serta ke 43 Puskesmas dan 15 Rumah Sakit yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi yang dinilai beresiko memiliki tingkat penyebaran Covid-19," jelasnya.
 
Alamsyah menambahkan, sebelumnya pemerintah daerah sudah melaksanakan sistem door to door ke rumah warga, serta 43 Puskesmas dan 15 Rumah Sakit. Pihaknya berharap peta sebarannya dapat terlihat.
 
Sementara tujuan diadakannya pelaksanaan test cepat Covid-19 di Kabupaten Bekasi ini adalah untuk memastikan peta sebaran kasus Covid-19 yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi, memutus mata rantai penyebaran dan menentukan tindakan medis lanjutan. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 3282 Kali
Berita Terkait

0 Comments