Nasional /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 27/03/2020 15:08 WIB

Dirjen Bimas Islam Tegaskan Pelayanan KUA Tetap Berjalan

Ilustrasi pernikahan
Ilustrasi pernikahan
JAKARTA, DAKTA.COM - Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin menegaskan bahwa tidak ada pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) yang ditutup akibat pandemi Covid-19.
 
"Jadi tidak ditutup. Pelayanan tetap berjalan, cuma staf dan kepala kantornya bekerja di rumah tetapi pelayanan tetap berjalan," jelas Kamaruddin dalam keterangannya, Jumat (27/3).
 
Ia mengaku, meski staf KUA bekerja dari rumah, mereka tetap melayani masyarakat dan jika keadaannya mendesak mereka siap untuk pergi ke kantor.
 
"Jadi nanti kepala KUA-nya mengatur sedemikian rupa untuk tetap melayani pelayanan-pelayanan administrasi misalnya ada staf yang berkantor jika ada yang mau ditandatangani mungkin bisa dibawa ke rumah  atau bagaimana itu bervariasi sesuai di lapangan. Tapi pada prinsipnya pelayanan tetap berjalan," tuturnya.
 
Ia menjelaskan, skema jika ada orang yang ingin melaksanakan pernikahan di kantor KUA di tengah wabah virus corona ini.
 
"Misalnya jika tetap harus berlangsung pernikahannya maksimal dihadiri secara terbatas. Hanya yang wajib-wajib saja, seperti saksi kedua mempelai, kemudian wali, itu saja yang hadir dalam pelaksanaan ruangan nikah itu," ucapnya.
 
Mereka semua yang hadir, lanjutnya, harus mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan, dan disemprot cairan desinfektan. 
 
"Kalau yang nikah di rumah sama saja protokol kesehatannya. Jadi semua harus punya langkah bersama untuk memastikan bahwa proses pelaksanaan nikah itu tidak menjadi tempat transmisi virus corona," katanya.
 
Ia menambahkan, sejauh ini tidak ada penutupan kantor KUA di daerah-daerah. Karena pelayanan kepada masyarakat harus tetap berjalan, meskipun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Kantor Urusan Agama (KUA)
- Dilihat 722 Kali
Berita Terkait

0 Comments