Opini /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 21/03/2020 12:42 WIB

Urgensi Penetapan Status Darurat dalam Penanganan Covid-19

Faiz Zawahir Muntaha
Faiz Zawahir Muntaha
Oleh: Faiz Zawahir Muntaha (Mahasiswa Kajian Strategis Ketahanan Nasional Universitas Indonesia) VP Political Sains Pranadipta Consulting
 
Korban Pandemi Corona di Indonesia tanggal 19 Maret 2020 pukul 20:50 menurut situs Covid19.go.id terdapat 309 orang Positif berhasil sembuh 15 orang dan meninggal meninggal 25. Jika dibandingkan dengan kasus negara lain maka rasio kematian di Indonesia adalah yang paling besar yakni sekitar 8,3 persen, angka ini jauh lebih tinggi dari dari data yang dirilis oleh World Health Organization pada tanggal 3 Maret yang menyatakan rasio kematian pandemi corona di seluruh dunia mencapai 3,4 persen. Tingginya rasio kematian di Indonesia salah satu penyebabnya adalah pemerintah Indonesia saat ini seakan-akan gagap, panik sehingga kebijakan yang diambil dampaknya belum maksimal, baik dalam mencegah penyebara ataupun penanganan orang-orang yang sudah terpapar virus corona.
 
Fenomena Pandemic Covid19 ini adalah kejadian luar biasa danancaman yang begitu nyata, tidak hanya ancaman bagi kesehatan melainkan juga ancaman ekonomi, sosial bahkan ketahanan dan keamanan negara, hari kamis 19 Maret 2020 harga dolar mencapai 16.000 kemudian IHSG minus -5,20% ke level 4.105,42. Sebagai ancaman yang nyata dan kejadian luar biasa maka respon dari pemerintah tentunya tidak boleh dengan pendekatan yang biasa-biasa saja. Dalam menghadapi ancaman Pandemi Corona, pemerintah Indonesia tidak harus menerapkan sistem lockdown. Pemerintah Indonesia dalam menghadapi ancaman dan keadaan darurat bisa menerapkan beberapa opsi sebagaimana konteks, skala dan bentuk ancamannya.
 
Upaya penanganan Covid-19 di Indonesia saat ini tidak terstruktur dan panik. Kondisi ini bisa kita lihat dari simpang siurnya informasi, penanganan pasien dan suspect yang tidak terukur dan terarah sampai pengkondisian kehidupan masyarakat yang tidak teratur. Pemerintah saat ini menerapkan belajar bagi para siswa dan bagi pekerja bekerja dari rumah selama 14 hari. Penerapan kebijakan ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19 dengan membatasi aktivitas banyak orang di ruang publik. Namun kenyataannya, kebijakan work from home 14 hari malah bagi sebagian orang dimanfaatkan untuk liburan dan dikalangan pelajar malah nongkrong dan jalan-jalan selayaknya suasana libur sekolah. Hal ini diperparah dengan banyaknya politisi yang menjadikan wabah pandemic covid-19 ini sebagai panggung politik.
 
Pemerintah Indonesia bisa belajar dari strategi negara lain yang sudah terbukti mampu mencegah dan meminimalisir dampak covid19. Korea Selatan yang menggunakan institusi penegakan hukum dalam pencegahan dan penanganan Covid19. Amerika Serikat melibatkan militer dalam penanganan Covid 19. Melihat apa yang terjadi di Indonesia, mungkin menetapkan kondisi darurat covid19 dengan memaksimalkan militer dalam proses penanganan dan pencegahan adalah pilihan yang paling rasional. Melihat struktur kepemimpinan politik yang semrawut serta penyebaran informasi publik yang seakan tumpang tindih, maka penetapan kondisi darurat adalh pilihan terbaik. Menurut Jimly Asshiddiqie dalam bukunya Hukum Tata Negara Darurat, (2008: 68) dalam menghadapi keadaan bahaya dan menghadapi ancaman adakalanya mengharuskan Presiden untuk bertindak cepat. Salah satu keadaan yang bisa memaksa presiden menetapkan status darurat adalah bencana alam, krisis keuangan negara “finansial emergency”, peperangan dan konflik baik di dalam atau luar negeri serta ancaman ketahanan dan keamanan nasional.
 
Dalam Perpu Nomor 23 Tahun 1959, keadaan bahaya atau darurat dibagi menurut kategori tingkatan bahayanya yaitu keadaan darurat sipil, keadaan darurat militer dan keadaan darurat perang. Dalam menghadapi pandemic covid-19 pemerintah bisa menetapkan darurat sipil ataupun darurat militer dikarenakan pandemic covid-19 bukan hanya permasalahan kesehatan, melainkan lebih dari itu, menyangkut masalah ekonomi yang bisa dilihat dari kurs rupiah yang terpuruk, kondisi pasar komoditas kebutuhan masyarakat mulai langka dan mahal serta krisis informasi dan kepercayaan publik dikarenakan informasi yang seakan tumpang tindih satu sama lain. Dengan penetapan kondisi darurat maka penanggungjawab keadaan darurat, adalah Presiden sebagai Panglima Tertinggi Negara. Sementara itu, pelaksana operasionalnya dilapangan adalah militer yang dibantu oleh Kepala Daerah dari daerah, pihak kepolisian dan Kejaksaan. Dengan demikian, penanganan dan penanggulangan covid-19 akan lebih terpimpin, rapi dan terorganisir.
 
Pelibatan militer dalam operasi pencegahan pandemic covid-19 sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran covid-19. Jika mengacu pada kemampuan Indonesia untuk menangani masalah apabila terjadi lonjakan pasien covid-19 dengan indicator sarana dan prasarana medis yang belum memadai serta tenaga medis yang masih terbatas tentu tindakan preventif dan menjadi opsi paling rasional. Oleh sebab itu, penetapan kondisi darurat entah pemerintah akan memilih opsi darurat sipil ataupun militer yang terpenting adalah pelibatan militer dalam penanganan dan cipta kondisi pencegahan virus covid-19 adalah sebuah keharusan. Apabila permasalahan covid-19 ini dibiarkan untuk dikelola oleh politisi maka pencegahan dan penanganan tidak akan terukur dan malah menjadi penggung politik semata.
 
Keadaan darurat dapat diberlakukan sewaktu-waktu ia dibutuhkan sesuai dengan doktrin “necessity”, yaitu apabila timbul kebutuhan untuk itu. Hal tersebutlah yang terkandung dalam pasal 12 UUD 1945 sebagai “keadaan bahaya” dan hakikat substansi ‘kegentingan yang memaksa’ yang dirumuskan dalam pasal 22 Ayat (1) UUD 1945. Apabila kebutuhan (necessity) yang dimaksud tersebut memang ada disebabkan oleh kejadian atau potensi kejadian yang bersifat luar biasa, Kepala Negara yang dalam hal ini menurut ketentuan UUD 1945 adalah Presiden dapat dan memang harus bertindak untuk mencegah dan mengatasi kondisi yang tidak normal.
 
Menurut ketentuan pasal 7 ayat (1) UU No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, tugas pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Repulik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Tugas pokok terseut dilakukan dengan operasi militer untuk perang atau operasi militer selain perang. Operasi Demikian pula dapat dibedakan antara operasi militer untuk perang dan operasi militer untuk selain perang. Pasal 7 Ayat (2) huruf a dan b UU No. 34 Tahun 34 Tentang Tentara Nasional Indonesia secara jelas menentukan perbedaan di antara keduanya. Operasi militer selain perang salah satunya mencakup upaya untuk Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan dan membantu tugas pemerintah di daerah.
 
Menurut Pasal 1 Ayat (1) Perpu No. 23 Tahun 1959, Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang menyatakan seluruh atau sebagian dari wilayah Negara Republik Indonesia dalam keadaan bahaya dengan tingkatan keadaan darurat sipil atau keadaan darurat militer atau keadaan darurat perang, apabila keamanan atau ketertiban hukum diseluruh wilayah atau disebagian wilayah negara Republik Indonesia terancam oleh pemberontakan, kerusuhan-kerusuhan, akibat bencana alam atau dari keadaan khusus ternyata ada atau dikhawatirkan ada gejala-gejala yang dapat membahayakan hidup negara sehingga dikhawatirkan tidak dapat diatasi oleh alat-alat perlengkapan secara biasa. 
Pilihan untuk menjadikan militer sebagai garda terdepan dalam penanganan covid19 di Indonesia tidak mencedrai semangat demokrasi. Dalam pemberlakuan darurat militer, pimpinan tertinggi tetap ada di Presiden Jokowi sebagai panglima tertinggi. Pemilihan militer sebagai garda terdepan dikarenakan kepemimpinan politik, para politisi hanya menjadikan Corona sebagai ajang mencari simpati publik dan panggunng politik. Kepemimpinan itu diuji dalam krisis, struktur pemimpin dan pola kerja militer yang begitu rapi, terukur dan terarah adalah pilihan paling rasional dalam menghadapi covid19. Saat ini kita sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja, kita sedang berperang melawan covid19. Semakin cepat dan tepat sebuah keputusan di Ambil maka semakin banyak nyawa rakyat Indonesia yang bisa diselamatkan.
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Opini Faiz Zawahir Muntaha
- Dilihat 3387 Kali
Berita Terkait

0 Comments