Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 18/03/2020 14:48 WIB

Ini Syarat Daftar Anggota Polri Tahun 2020

Ilustrasi anggota Polri
Ilustrasi anggota Polri
BEKASI, DAKTA.COM - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membuka penerimaan terpadu anggota Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara, dan Tamtama tahun 2020 ini. Termasuk di wilayah Polres Metro Bekasi Kota.
 
Kasubag Pers Sumda Restro Bekasi, Sri Miharti, mengatakan penerimaan itu dimulai sejak tanggal 7 Maret sampai 23 Maret 2020 serempak di seluruh Indonesia yang terdiri dari Akpol, Bintara, dan Tamtama. 
 
Sri mengatakan, penerimaan anggota Polri ini dilakukan di masing-masing Polres seluruh Indonesia. Sedangkan tujuan dari penerimaan ini adalah untuk menghasilkan sosok anggota Polri yang profesional. 
 
"Pendaftaran ini tidak dipungut biaya alias gratis dilaksanakan secara transparan, akuntabel, dan humanis. Tesnya menggunakan sistem gugur, jadi hari itu dites dan langsung diumumkan," terangnya dalam Bincang Publik di Radio Dakta, Selasa (17/3).
 
 
 
Syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar Taruna Akpol di antaranya adalah;
 
1. Pria/wanita, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI.
 
2. Berijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS (bukan lulusan dan atau berijazah paket A, B dan C) dengan ketentuan: Nilai kelulusan rata-rata Hasil UjianNasional/UN, bagi tahun 2016 sampai 2019 dengan nilai rata-rata minimal 60,00. Sedangkan tahun 2020 akan ditentukan kemudian.
 
3. Bagi lulusan tahun 2020 (yang masih kelas XII) nilai rapor rata-rata kelas XII semester I minimal 70,00 dan setelah lulus menyerahkan nilai Ujian Nasional dengan nilai rata-rata yang akan ditentukan kemudian.
 
4. Bagi yang berumur 16 sampai dengan kurang dari 17 tahun dengan ketentuan nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 75,00 dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan nilai mata pelajaran Bahasa Inggris pada UN dan nilai rapor mata pelajaran Bahasa Inggris minimal 75,00 serta melampirkan sertifikat TOEFL minimal skor 500.
 
5. Bagi pendaftar dari Pendidikan diniyah Formal (PdF) dan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) pondok pesantren memiliki nilai kelulusan rata-rata hasil imtihan wathoni (Ujian Standar Nasional) atau ujian akhir muamalah, dengan nilai akhir kelulusan rata-rata 70,00.
 
"Tinggi badan pria minimal harus 165 cm dan wanita 163 cm," imbuhnya. 
 
Sementara itu persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar Tamtama di antaranya;
 
1. Pria bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI.
2. Berijazah:
 
a. Tamtama Brimob
- SMA/MA/SMK semua jurusan kecuali jurusan Tata Busana dan Tata Kecantikan (bukan lulusan Paket A dan B) dengan kriteria lulus dan diutamakan memiliki kualifikasi mengemudi (dengan melampirkan Surat Izin Mengemudi (SIM) A.
 
- Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM/setingkat SMA) pada pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/setingkat SMA) dengan kriteria lulus dan diutamakan memiliki kualifikasi mengemudi (dengan melampirkan SIM A).
 
b. Tamtama Polair
 
- SMA/MA/SMK jurusan kecuali jurusan Tata Busana dan Tata Kecantikan (bukan lulusan Paket A dan B) dengan kriteria lulus. 
 
SMK jurusan Pelayaran dengan kriteria lulus.
 
- Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM/setingkat SMA) pada pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/setingkat SMA).
 
3. Bagi yang masih duduk di kelas XII SMA/SMK/MA sederajat menggunakan nilai rata-rata rapor semester satu setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah.
 
4. Ketentuan tentang Ujian Nasional Perbaikan:
 
- Bagi lulusan tahun 2016-2019 yang mengikuti Ujian Nasional perbaikan dapat mengikuti seleksi penerimaan terpadu Akpol T.A. 2020 dengan ketentuan nilai rata-rata memenuhi persyaratan.
 
- Calon peserta yang mengulang di kelas XII baik di sekolah yang sama atau di sekolah yang berbeda tidak dapat mengikuti seleksi penerimaan terpadu Tamtama T.A. 2020.
 
5. Usia minimal 17 tahun 8 bulan dan usia maksimal 22 tahun pada saat buka pendidikan.
 
6. Tinggi badan minimal untuk pria 165 cm, khusus ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 163 cm.
 
Sedangkan dalam penerimaan Bintara Polri tahun 2020 ini, dibuka dalam 12 keterampilan yang berbeda. Di antaranya, yakni Bintara Polisi Tugas Umum, Bintara Polair, Bintara Teknologi Informasi (TI), Bintara Musik.
 
Lalu, Bintara Penerbang (Pilot), Bintara Penyidik Pembantu, Bintara Olahraga, Bintara Agama, Bintara Tata Boga, Bintara Perawat, Bintara Bida, Bintara Pramugari.
 
Bagi rekan yang berminat untuk menjadi abdi negara di Polri dapat langsung ke Polres Metro Bekasi Kota atau mengunjungi website penerimaan.polri.go.id 
 
Hadir juga dalam talkshow Kepala Sekolah TK Kemala Bhayangkari 56, Hj Wiwin ST Hodijah, S.Pd. dan Seksi Pendidikan TK Bhayangkari 56, Heny Edy Martono. **
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 5005 Kali
Berita Terkait

0 Comments