Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 04/03/2020 16:54 WIB

Pastikan Stok Beras Aman, Erick Thohir Ingatkan Spekulan

Beras Bulog
Beras Bulog
JAKARTA, DAKTA.COM - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan stok beras masih cukup aman sehingga masyarakat tidak perlu melakukan pembelian dalam jumlah besar. 
 
Menanggapi adanya fenomena panic buying masyarakat akibat wabah virus corona yang terjadi saat ini, Erick mengaku dirinya tidak mampu untuk mencegah hal tersebut karena sebagai suatu hal yang alamiah di tengah musibah. 
 
"Yang namanya panik, ya panik. Itu natural lah, kalau kita punya anak sakit panas juga pasti langsung cepat-cepat mau dibawa,  kita tidak bisa melarang orang panik," ujar Erick di Jakarta, Rabu (4/3). 
 
Namun Erick memastikan bahwa stok beras yang berada di Gudang Bulog mampu memenuhi kebutuhan nasional, termasuk ketika memasuki musim puasa dan hari raya Idul Fitri beberapa bulan ke depan. 
 
"Kita memberikan edukasi kepada masyarakat kita siap, pokoknya ada, itu aja yang bisa kita lakukan. Kalau melarang orang panik tidak mungkin, namun kita ingin memberikan secara transparan dengan fakta dan data, jadi bukan hanya asumsi bohong bahwa ini ada barangnya," imbuhnya. 
 
Erick juga memperingatkan kepada para spekulan yang memanfaatkan momentum kepanikan ini untuk meraup keuntungan, agar tidak melakukan hal tersebut karena akan berhadapan dengan aparat kepolisian.
 
"Dalam berbisnis itu boleh untung, tapi yang tidak boleh kan ini di-mafia-kan. Dalam arti jangan sampai nanti ketika rakyat butuh lalu dimahalkan, ketika panen justru dibanting harganya," tutupnya. 
 
Tidak hanya melakukan pembelian terhadap alat kesehatan seperti masker dan antiseptik, masyarakat juga banyak yang melakukan pembelian bahan pangan dalam jumlah besar. 
 
Hal ini diduga kuat dalam rangka kepanikan mereka atas terdeteksinya virus Corona di Indonesia. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 770 Kali
Berita Terkait

0 Comments