Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 28/02/2020 15:20 WIB

Waspadai Gagal Jantung! Kenali Pencegahannya

Ilustrasi penderita gagal jantung
Ilustrasi penderita gagal jantung
BEKASI, DAKTA.COM - Gagal jantung merupakan masalah kesehatan cukup berbahaya yang dapat mengancam nyawa penderitanya. Bahkan penyakit ini dapat mengakibatkan kematian mendadak.
 
Oleh karena itu, kita harus mewaspadai penyakit gagal jantung yang biasanya ditandai dengan sesak napas saat melakukan aktivitas, tubuh terasa cepat lelah, dan terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki.
 
Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, dr Bambang Purtjahyo, SpJP menyampaikan, pencegahan yang harus dilakukan untuk mengantisipasi gagal jantung perlu dimulai dari diri sendiri.
 
"Keefektifan penanganan gagal jantung bukan hanya tugas dokter, tetapi juga harus didukung oleh kerja sama dari pasien," tutur dr Bambang Purtjahyo, SpJP dari RS Citra Harapan dalam Bincang Kesehatan di Radio Dakta, Jumat (28/2).
 
Ia menjelaskan, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit gagal jantung, di antaranya mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi, serta menghindari asupan garam yang berlebihan. 
 
"Selain dari makanan seperti bayam, zat besi juga bisa Anda dapatkan dari suplemen," ujarnya.
 
Bincang Kesehatan bersama dr Bambang Purtjahyo, SpJP dari RS Citra Harapan
 
Ia mengatakan, selain mengonsumsi makanan sehat, masyarakat juga harus menjaga berat badannya untuk menghindari obesitas serta menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah pada batas sehat.
 
"Kemudian berhenti merokok karena jelas rokok itu membahayakan tubuh, hindari juga mengonsumsi minuman beralkohol, dan rutin berolahraga secara teratur," katanya.
 
Sementara itu, jika pasien dicurigai menderita gagal jantung, maka akan ada sejumlah tes yang direkomendasikan, seperti tes darah, Ekokardiogram, tes latihan tekanan, tes napas, pemeriksaan sinar-X. 
 
Rekan yang ingin mengetahui lebih jelas terkait penyakit gagal jantung atau melakukan pengobatan, bisa datang langsung ke RS Citra Harapan di Jalan Raya Harapan Indah, Kawasan Sentra Niaga No.3-5 Kota Harapan Indah, Pejuang, Medan Satria, Kota Bekasi dan menghubungi nomor 021-888-70606. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 619 Kali
Berita Terkait

0 Comments