Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 25/02/2020 14:29 WIB

Keistimewaan Orang-orang yang Gemar Beristighfar

Kaligrafi bertuliskan istighfar
Kaligrafi bertuliskan istighfar
DAKTA.COM - Setiap orang pasti diliputi oleh kesalahan yang diperbuat baik yang disengaja maupun tidak disengaja ataupun sadar maupun tidak sadar.
 
Oleh karena itu, dalam agama Islam menganjurkan umatnya untuk senantiasa beristighfar agar meminta ampunan kepada Allah SWT.
 
Allah SWT berfirman: "Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa," (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 133).
 
Allah SWT memberikan keistimewaan khusus kepada umatnya yang gemar beristighfar, dan tidak tanggung-tanggung ganjarannya akan diberikan surga seluas langit dan bumi.
 
Berikut keistimewaan bagi orang yang gemar beristighfar:
 
1. Mengingat Allah
 
Dengan beristighfar kita akan senantiasa mengingat Allah karena manusia sering kali lalai dan hilaf dalam melakukan sesuatu.
 
Namun, dengan berzikir kita akan lebih memahami dan menghyati bahwa Allah Maha Pengampun dan dengan ampunannya kita bisa selamat di dunia dan akhirat. 
 
2. Takut melakukan dosa
 
Allah SWT berfirman: "Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan. Dan Dia akan memberikan karunia-Nya kepada setiap orang yang berbuat baik. Dan jika kamu berpaling, maka sungguh aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (Kiamat)." (QS. Hud 11: Ayat 3).
 
Ayat di atas menunjukkan bahwa manusia diperintahkan Allah agar selalu meminta ampunan dan bertaubat. Artinya tidak hanya sekadar beristighfar tetapi juga melakukan perubahan dalam diri untuk menjadi lebih baik lagi.
 
3. Dijauhkan dari sifat sombong
 
Manusia yang senantiasa beristighfar maka ia akan dijauhkan dari perilaku sombong. Sebab, ia menyadari bahwa tidak ada satupun dalam diri manusia yang bisa disombongkan apalagi jika ditandingkan dengan apa yang telah Allah SWT ciptakan.
 
4. Hati lebih tenang
 
Dengan mengingat dan memohon ampunan kepada Allah tentu hati akan menjadi tenang. Hal ini karena ia yakin dan sadar bahwa Allah bisa melakukan dan memberikan apapun kepada manusia. Sehingga ia akan meyerahkan hidupnya kepada Allah yang menguasai seluruh alam ini.
 
5. Mendapatkan Ampunan Allah SWT
 
“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun” (QS Al Anfal : 33).
 
Dengan beristighfar kita juga bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Ampunan dari Allah SWT akan hadir hanya bagi mereka yang benar-benar tunduk hatinya dan memohon kepada Allah SWT.
 
Tidak ada satupun yang bisa memberikan keselamatan dan ampunan selain Allah. Allah juga yang akan meyelamatkan kita di dunia dan akhirat ketika kita benar-benar menginginkan ampunan tersebut.
 
6. Mudah memaafkan
 
"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu maafkan dan kamu santuni serta ampuni (mereka), maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. At-Taghabun 64: Ayat 14).
 
Dengan memohon kepada Allah setelah mengetahui amalan istighfar, seorang muslim pun akan mudah memaafkan kepada orang lain yang berbuat salah kepadanya karena ia tahu bahwa Allah SWT maha Pengampun. Wallahu a'lam bissowab. 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2081 Kali
Berita Terkait

0 Comments