Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 14/08/2015 15:17 WIB

Presiden Serukan Kekompakan Antar Lembaga

Ilustrasi Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan
Ilustrasi Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan

JAKARTA_DAKTACOM: Presiden Joko Widodo menyerukan kekompakan antar lembaga-lembaga negara guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945.

"Saya sangat memahami bahwa setiap Lembaga Negara mempunyai peran sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi. Namun demikian, kekompakan lembaga-lembaga negara sangat diperlukan dalam perjuangan untuk mewujudkan janji kemerdekaan sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945," kata Presiden dalam Sidang Paripurna dalam rangka Sidang Tahunan MPR 2015 di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan bahwa sejatinya saat ini sedang berperang. "Bukan perang fisik seperti yang dilakukan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan tetapi perang untuk memenangi perdamaian, kesejahteraan, dan kehidupan rakyat yang bahagia," kata Presiden.

Untuk memenangi perang guna memuliakan rakyat tersebut, menurut dia, hanya akan terwujud kalau seluruh elemen dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya lembaga-lembaga negara, bersatu padu dan tidak terjebak pada ego masing-masing. "Secara bersama-sama kita perkuat kedaulatan politik, kemandirian ekonomi, dan kepribadian dalam kebudayaan," kata Presiden.

Ia menyatakan, Trisakti harus menjadi strategi utama dalam membendung upaya-upaya bangsa lain untuk merongrong kedaulatan, kesejahteraan, dan karakter bangsa Indonesia.

Menurut Presiden, dengan melihat modal sosial dan ekonomi yang kita miliki, peluang Indonesia untuk menjadi negara maju dan sejahtera sebenarnya terbuka lebar.

Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang besar dan kreatif, kelas menengah yang semakin besar, sistem politik yang demokratis, masyarakat Muslim yang moderat, dan menjadi kekuatan ekonomi ke-16 di dunia dengan Pendapatan Produk Domestik Bruto sekitar 10 ribu triliun rupiah.

"Dengan kerja keras, optimisme, dan mengubah sikap konsumtif menjadi produktif, kita akan bermartabat di antara bangsa-bangsa di dunia," kata Presiden.

Editor :
Sumber : ANTARANews
- Dilihat 1411 Kali
Berita Terkait

0 Comments