Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 21/02/2020 13:19 WIB

Keistimewaan Karomah dan Firasat Kaum Muslimin

Ilustrasi berzikir
Ilustrasi berzikir
DAKTA.COM - Agar hidup terasa tenang dan mudah, maka kita disarankan untuk senantiasa mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
 
Bagaimana cara agar senantiasa mengingat Allah SWT? Adalah dengan mengerjakan kebaikan dan ibadah yang diperintahkan oleh-Nya baik wajib maupun sunnah.
 
Menurut jumhur ulama, ketika ibadah seorang mukmin sudah istiqomah dan luar biasa kedekatannya kepada Allah SWT, maka ia akan merasakan karomah.
 
Mereka yang mendapatkan karomah akan selalu menunjukkan kepribadiannya yang baik dan meniru jejak Rasulullah baik secara ideologi maupun perilakunya.
 
Selain itu, menurut para ulama, ia yang senantiasa menjalankan amal yang wajib dan sunnah, serta meninggalkan yang haram dan makruh serta mengalahkan godaan setan, maka dia akan sering merasakan firasatul mukminin. 
 
Firasatul mukminin adalah sebuah prasangka yang dirasakan oleh orang beriman yang taat. Mereka dapat mengetahui bahwa orang yang dihadapi baik atau sebaiknya.
 
Rasulullah bersabda, “Berhati-hatilah kamu terhadap firasat seorang mukmin, sebab ia melihat dengan (diterangi) cahaya Allah.” (Riwayat Tirmidzi, dari Abu Sa’id al-Khudry).
 
Orang yang sudah dekat dengan Allah SWT bisa lebih memprediksi mana orang yang mau berbuat baik atau sebaliknya kepadanya. Kemudian, kalau dia tetap memaksakan diri pada sesuatu hal, dia akan mendapatkan petunjuk melalui ru’yah shodiqah (mimpi yang benar) yang datangnya dari Allah SWT.
 
Ada beberapa tips untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
 
Pertama, sholat lima waktu tepat waktu dan di masjid bagi laki-laki. Kedua, senantiasa berdzikir setelah shalat dan saat melakukan aktivitas, serta ditambahkan dengan sholat wirid.
 
Ketiga, membaca Al-Qur’an setelah sholat (minimal 5 menit). Keempat, ibadah Sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW seperti puasa Senin Kamis, berbakti kepada orang tua, menutup aurat, menjenguk orang sakit, bersedekah, saling menolong dalam kebaikan, dan sebagainya. Wallahu a'lam bissowab.
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 3290 Kali
Berita Terkait

0 Comments