Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 20/02/2020 10:10 WIB

Mekanisme Voting Pemilihan Wagub DKI Akan Tertutup

Ilustrasi mencoblos
Ilustrasi mencoblos
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Ketua DPRD DKI, Abdurrahman Suhaimi mengungkapkan mekanisme pemilihan Wagub akan berlangsung secara tertutup. 
 
Suhaimi mengatakan dalam rapat paripurna yang berlangsung kemarin, mereka telah mengesahkan aturan dan tatib pemilihan Wagub DKI dengan dua calon, yakni Riza Patria dan Nurmansyah Lubis. 
 
"Yang sudah ada selama ini itu tertutup. Tertutup itu maksudnya di paripurna masing-masing memilih di bilik suara yang sudah ada," ujar Suhaimi. 
 
Namun Suhaimi membantah jika hal tersebut dianggap tidak transparan karena dalam pembacaan hasil dan pengambilan keputusan akan dibuka kepada publik.
 
"Bisa dong, paripurna kan terbuka. Semua masyarakat bisa mengakses, tetapi masing-masing (anggota DPRD memilih) seperti Pilkada, semuanya prosesnya seperti itu," imbuhnya. 
 
Setelah dilakukan pengesahan terhadap pembentukan aturan dan tatib pemilihan Wagub DKI Jakarta, pada Senin pekan depan mereka akan membentuk panitia pemilihan. 
 
Para anggota legislatif telah menyepakati bahwa ketua panlih tidak boleh berasal dari parpol pengusung, yakni Fraksi Partai Gerindra dan PKS, serta Fraksi PDIP karena sudah menjabat sebagai Ketua DPRD. 
 
Seperti diketahui bahwa proses pemilihan Wagub DKI Jakarta berlarut-larut dua nama yang diusung PKS sebelumnya yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu tidak kunjung diproses, sehingga digantikan oleh Riza Patria dan Nurmansyah Lubis. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 717 Kali
Berita Terkait

0 Comments