Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 14/08/2015 09:15 WIB

Peringati Hari Pramuka ke 54 Kwartir Bekasi Gelar Renungan

Malam renungan pada upacara  hari Pramuka ke 54
Malam renungan pada upacara hari Pramuka ke 54

BEKASI_DAKTACOM: Anggota Kwartir Cabang  Gerakan Pramuka Kota Bekasi menggelar upacara Renungan Ulang Janji Pramuka Kamis, (13/8) tepat pukul 20.00 WIB, di Plaza Pemkot Bekasi.

Tampil selaku pembina upacara  Wakil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, Kakak Baim Setiawan didampingi para Wakil Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi. Termasuk H Abdillah, Rudi Sabarudin, Ahmad Yani dan lainnya.

Sebelum upacara berlangsung, para peserta upacara malam renungan membuat barisan melingkar dengan menyalakan api unggun serta ratusan lampion tanda semangat menyala Gerakan Pramuka. Ucap ulang tersebut juga diikuti oleh peserta upacara yang hadir baik para ketua Andalan, para kakak pembina, dan anggota Dewasa Pramuka Kota Bekasi.

Pada peringatan Hari Pramuka kali ini, ucap Ulang Janji dilaksanakan untuk merenungkan hasil-hasil karya Gerakan Pramuka Kota Bekasi dengan segala keberhasilan dan kekurangannya. Gerakan Pramuka berdiri sejak 54 tahun silam tepatnya 14 Agustus 1961.

Pada Upacara tersebut juga mengingatkan kembali peran dan fungsi Gerakan Pramuka untuk berbakti dan mengabdi kepada Indonesia, Nusa dan Bangsa tercinta dan bertekad menjadi penerus cita-cita para pahlawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

Malalui salah satunya wadah pendidikan Gerakan Pramuka atau pendidikan kepanduan, pengabdian  tersebut bisa terwujud.

Kemudian telah siap sepuluh perwakilan anggota mengucapkan satu persatu Dasa Dharma Pramuka serta menyambungkan api obor yang dipegannya masing-masing.  Dan terakhir bersama-sama menaruh 10 obor ke api unggung yang sudah disediakan hingga api unggun menyala.

"Dengarkan, apa yang tersirat dalam Dasa Dharma Pramuka. Kita tanamkan dihati kita, hayati, dan amalkan dengan sepenuh usaha. Kita nyalakan api semangat, Dasa Dharma", tegas Baim Setiawan.

Kemudian pembina upacara mengajak para peserta ucap ulang janji untuk memegang ujung setangan leher bendera Merah Putih dan menempelkannya pada dada sebelah kiri dan tangan kanan memberikan hormat.

Setelahnya, kalimat terakhir lagu Bagimu Negeri dikumandangkan. "BAGIMU NEGERI ... JIWA RAGA KAMI".

Sebelum dilaksanakan ucap ulang janji Pramuka juga berlangsung Pelantikan Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega Kota Bekasi Pergantian Antar Waktu periode 2011-2016. Wakil Ketua Bidang Organisasi Pramuka Kota Bekasi Yana Yuliana melantik enam anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega Kota Bekasi. (goeng)

Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
Sumber : Humas Pemkot Bekasi
- Dilihat 1978 Kali
Berita Terkait

0 Comments