Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 16/02/2020 10:23 WIB

Pemkab Bekasi Dianggap Minim Berdayakan SDM

Buruh pabrik
Buruh pabrik
CIKARANG, DAKTA.COM - DPRD Kabupaten Bekasi menilai pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah masih berorientasi pada infrastruktur bukan peningkatan pembangunan sumber daya manusia.
 
Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Rusdi Haryadi mengatakan infrastruktur jalan, jembatan, drainase, dan sebagainya masih menjadi usulan dari masyarakat saat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) maupun reses anggota dewan di konstituennya.
 
"Sebenarnya, tidak ada yang salah mengenai itu, tapi semestinya pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia berjalan beriringan," ucapnya di Cikarang, Ahad (16/2).
 
Menurutnya, berdasarkan data, indeks pembangunan manusia di Kabupaten Bekasi berjalan stagnan, sejak tahun 2013 angkanya 70.
 
Angka itu masih rendah, padahal pertambahan APBD Kabupaten Bekasi setiap tahun cukup besar, tahun ini saja mencapai Rp6,3 triliun.
 
"Pertumbuhan usaha kecil menengah hanya 20 persen, selain itu wirausahawan baru hanya 28,8 persen, sangat rendah jika dibandingkan besarnya investasi di kawasan industri," katanya.
 
Ia berharap alokasi anggaran juga dipikirkan agar nantinya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing.
 
Rusdi menyebut, minimnya kepedulian pemerintah daerah dalam meningkatkan SDM itu, dilihat dari tingginya angka pengangguran di usia produktif.
 
Angka pengangguran di usia produktif di Kabupaten Bekasi mencapai 8,4 persen dari 1,6 juta usia kerja.
 
Sebagai legislatif, pihaknya mendorong agar angkanya bisa ditekan, apalagi banyak perusahaan di wilayah Kabupaten Bekasi sehingga tenaga kerja lokal harus mendapat pekerjaan di daerahnya sendiri. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 544 Kali
Berita Terkait

0 Comments