Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 13/02/2020 10:47 WIB

Pemerintah Batal Pulangkan Eks ISIS Karena Faktor Keamanan

Ilustrasi pria membawa senjata (istimewa)
Ilustrasi pria membawa senjata (istimewa)
JAKARTA, DAKTA.COM - Juru bicara Wakil Presiden (Wapres), Masduki Baidlowi mengungkapkan salah satu alasan pemerintah menolak kepulangan WNI eks ISIS karena faktor keamanan. 
 
"Jangan kita karena merasa kasihan kepada 600 orang eks ISIS tapi kemudian yang menjadi korban adalah rakyat Indonesia secara keseluruhan 260 juta," papar Masduki di Jakarta, Kamis (13/2). 
 
Atas alasan tersebut, Masduki mengungkapkan bahwa pemerintah melalui Kemenkopolhukam akhirnya membatalkan upaya pemulangan mereka yang bergabung dengan ISIS.
 
"Karena eks ISIS ini ibarat penyakit itu adalah penyakit menular dan sulit sembuh, tidak kelihatan lagi, ini kan berbahaya," imbuhnya. 
 
Seperti diketahui bahwa pemerintah melalui Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan tidak jadi untuk memulangkan para WNI yang tergabung dalam kelompok ISIS. Namun pemerintah masih mempertimbangkan terkait nasib anak-anak yang berada di sana. 
 
DPR RI juga merespon positif keputusan tersebut dan menyebut pemerintah mempunyai hak untuk menerima kembali atau menolak warga negara mereka yang sedang berada di luar negeri dengan sejumlah pertimbangan tertentu. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 922 Kali
Berita Terkait

0 Comments