Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 13/02/2020 14:20 WIB

Camat Tamsel Dukung Sekolah Kurangi Sampah Plastik

Sampah plastik
Sampah plastik
TAMBUN, DAKTA.COM - Camat Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Junaefi mendukung seluruh sekolah yang ada di wilayahnya untuk mengurangi sampah plastik.
 
Junaefi mengatakan pihaknya mendukung program lingkungan hidup, dengan mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai.
 
Menurutnya, kepala sekolah di wilayah Tambun Selatan juga sudah berkomitmen terhadap pelangaran penggunaan sampah plastik dimana mewajibkan siswa siswinya untuk menggunakan tempat makan dan minum dari rumah.
 
"Komitmen itu disetujui seluruh kepala sekolah, jika tidak dijalankan mereka siap untuk tidak lagi menjadi kepala sekolah," katanya di Tambun, Kamis (13/2).
 
Selain itu di lingkungan Kecamatan Tambun Selatan juga diwajibkan agar menggunakan tumbler dan tempat makan dari plastik yang bisa digunakan berulang kali. 
 
"Saya berharap program ini dijalankan di tingkat Kabupaten Bekasi. Jadi pemda perlu membuat aturan edaran dan imbauan mengenai sampah plastik ini," jelasnya. 
 
Ia menyebut, sampah plastik sangat banyak ditemukan di sekolah SD dan SMP terutama dari jajanan, terdata ada 55 ribu siswa, jika dikalikan perharinya, sampah bisa mencapai 275 ribu sampah plastik di sekolah.
 
Junaefi menambahkan, program bebas sampah plastik di sekolah juga harus didukung dinas terkait, yakni Dinas PUPR maupun Dinas Tarkim dalam menyediakan tempat cuci tangan dan cuci piring siswa.
 
Ia meminta agar hal ini menjadi program di Kecamatan dan Kabupaten Bekasi.
 
Sementara itu, terkait usulan dalam Musrenbang di Tambun Selatan, untuk desa ada sebanyak 999 usulan, kelurahan ada sebanyak 232 usulan sehingga totalnya mencapai 1231 usulan untuk tahun 2021.
 
Usulan itu masih berkisar terkait pembangunan infrastruktur berupa jalan, sekolah, puskesmas, jembatan, dan sebagainya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 872 Kali
Berita Terkait

0 Comments